IMPLEMENTASI PROGRAM AKSELERASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 1 SENEGKANG

Andi Patria(1*), Imam Suyitno(2),

(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Implementasi Program Akselarasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program akselarasi dalam proses pembelajaran pendidikan Kewarganegaraan dan faktor pendukung dan penghambat program akselarasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Sengkang Kabupaten Wajo. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif selanjutnya Penelitian yang dilakukan penulis adalah penelitian populasi, dikarenakan jumlah yang diteliti hanya 25 anak dan cukup terjangkau, jadi tidak memungkinlkan untuk dilakukan penelitian sampel dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian yang diperoleh hasil bahwa Implementasi program akselarasi dalam proses pembelajaran PKn antara lain : a) meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya pada mata pelajaran PKn, b) menunjang prestasi belajar siswa, dan meningkatakan minat serta bakat siswa dalam proses belajar mengajar. Faktor pendukung dan penghambat program percepatan belajar (akselarasi) terhadap proses pembelajaran PKn, antara lain :a)Faktor pendukung, seperti : sarana dan prasarana yang lengkap, ruang kelas yang kondusif, guru yang profesional,media pembelajaran serta kerjasama guru dan kepala sekolah. b)Faktor penghambat, seperti : manajemen waktu, factor ekonomi siswa dan lingkungan yang tidak kondosif.

 

Kata Kunci: Implementasi, Program, Akselerasi


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 381 times | PDF view : 350 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) is published by Department of Pancasila and Civic Education from the Faculty of Social Sciences of Universitas Negeri Makassar in collaboration with the Association of the Pancasila and Civic Education Teachers from the South Sulawesi Province (AP3KnI) 

Jurusan PPKn dan Hukum FIS-H UNM, Gedung FIS UNM Lt. 1
Jalan Raya Pendidikan No. 1
Kampus UNM Gunungsari Baru, Makassar 90222

Email : tomalebbi@unm.ac.id
HP/WA: 081355035326 (an. Muh. Sudirman)

ISSN : 2962-3685 (Online)
ISSN : 2355-6439 (Print)

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

TOMALEBBI: Jurnal Pemikiran, Penelitian Hukum, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Indexed by