Peningkatan Hasil Belajar Menulis Teks Deskripsi Melalui Culturally Responsive Teaching (CRT) Pada Siswa Kelas VII SMPN 48 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SMPN 48 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v5i1.68650
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Azzahra, H., & Muthi, I. (2024). Penggunaan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Multidisipin, 2(7), 325-330.
Hardiana, D. (2023). Peningkatan Minat Belajar IPAS Melalui Culturally Responsive Teaching pada Peserta Didik Kelas IV SDN 01 Sumbersari. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2394-2405.
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(4), 411-422.
Hartina, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi dalam Bahasa Bugis Melalui Media Lingkungan Siswa Kelas VII. 4 SMPN 1 Watansoppeng. Skripsi. Universitya Negeri Makassar.
Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal edukasi, 7(2), 5-11.
Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 211-222).
Prastianto, L., Prasasti, P. A. T., & Sujanti, S. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Alat Evaluasi Blooket. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 5871-5881.
Puspita, N., & Susmita, N. (2024). Keterampilan Menulis Intensif Kebahasaan: Pendekatan Berbasis Masalah untuk Penulisan Ilmiah. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Puspitowati, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) dengan Menggunakan Media Gambar dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi pada Siswa Kelas IV MI Riyadlatul Uqul. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 3(2), 120-132.
Sahbiani, S., & Saleh, M. (2018). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Media Gambar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga Kabupaten Gowa. Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Saputra, A. M. A., Huriati, N., Lahiya, A., Bahansubu, A., Rofi'i, A., & Taupiq, T. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Hybrid Berbasis Kearifan Lokal untuk Mengembangkan Potensi Siswa. Journal on Education, 6(1), 1102-1110.
Serepinah, M., & Nurhasanah, N. (2023). Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau dari Perspektif Pendidikan Multikultural. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, (2), 148-157.
Wicaksono, A. (2014). Menulis Kreatif Sastra: dan Beberapa Model Pembelajarannya. Yogyakarta: Garudhawaca.
Article Metrics
Abstract view : 55 times | PDF view : 1 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)
Email: jurnal.titikdua@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License