Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berargumentasi Dalam Debat
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SMA Negeri 10 Gowa
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v5i1.68496
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Apriyani, N. D., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Problem Base Learning (PBL) terhadap Keterampilan Argumentasi Peserta Didik pada Pembelajaran Biologi: Literature Review. BIOCHEPHY: Journal Of Science Education, 03(1), 40–48.
Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Bachtiar, B. (2020). Pengintegrasian Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Dampaknya terhadap Pedagogi Guru: Kajian Pustaka. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 132–146.
Firdauzi, F. S., Widiantie, R., & Handayani, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Metode Debat terhadap Kemampuan Berargumentasi. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 11(1), 49-54.
Ishaq, I. M., Khaeruddin, K., & Usman, U. (2022). Analisis Kemampuan Berargumentasi dalam Pembelajaran Fisika Peserta Didik Sma Negeri 8 Makassar. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 17(3), 211. https://doi.org/10.35580/jspf.v17i3.29781.
Kurniawan, B., Dwikoranto, D., & Marsini, M. (2023). Implementasi Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa: Studi Pustaka. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 2(1), 27–36.
Kusumadani, A. I., Rahardjo, S. B., Yamtinah, S., & Prayitno, B. A. (2024). Model Socio-Scientific Problem Based Learning with Spiritual Value untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi: Disertai Contoh Penerapannya. Penerbit NEM.
Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahbat Cendekia.
Mardhani, S. D. T., Haryanto, Z., & Hakim, A. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. EduFisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 206–213. https://doi.org/10.59052/edufisika.v7i2.21325.
Marini, N., Turnip2, B. R., & Puspita, D. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadu Metode Debat Terhadap Kemampuan Berargumentasi. Journal on Education, 06(1), 3168–3176. https://doi.org/10.25134/quagga.v11i1.1633.
Mulyati, S. (2019). Pengaruh Kemampuan Bernalar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(01), 67–81.
Mutabiah, M., Fitriani, D., & Astuti, S. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Teknik Diskusi Kelompok Kecil. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III, 130–136.
Negara, A. F., Purnomo, E. M., & Suhendi, D. (2018). Pengembangan Modul Persiapan Berdebat Menggunakan Pendekatan Pedagogi Genre Bagi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Kayuagung. Seminar Nasional UNSRI, 108–124.
Purwanto, E. S. (2023). Penelitian Tindakan Kelas. Purbalingga: CV. Eureka Media Aksara.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan Praktis Untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19.
Wagu, E. Y., & Riko, R. (2020). Kemampuan Menggunakan Metode Debat Aktif Sebagai Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Surabaya. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(2), 69–76.
Article Metrics
Abstract view : 36 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)
Email: jurnal.titikdua@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License