Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Pendekatan Kontekstual Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SMP Negeri 1 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v5i1.68473
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Astuti, D. A. O. Y. (2021). Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Strategi Kontekstual Pada Siswa Kelas VIIIA MTs 45 Gianyar Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Pendidikan Deiksis 3(1):33–42.
Astuti, D. P. J. (2021). Implementasi Pendekatan Contextual Teaching and Learning Sebagai Upaya Mengembangkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa SMP. JPI 1(1):65–79.
Avicenna, A. (2021). Aplikasi Teori Belajar Kontruktivisme dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas 1 SMA Satria Makassar.YUME: Journal of Management Volume 4(Issue 3):357–69.
Deliani, S., & Muliatik, S. (2023). Kemampuan Menulis Puisi dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) 5(2):150–56.
Dewi, M. (2021). Upaya Penerapan Metode Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Puisi Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Islam Serambi Mekkah. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), 73-79.
Hasnah, P. (2020). Efektivitas Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dalam Menulis Puisi. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan 16(1):30.
Hidayat, M. S. (2012). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 17(2).
Kuswandi, S., & Putri, N. D. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Tahsinia 2(1):97–109.
Muktadir, A. M., & Ariffiando, N. F. (2021). Penerapan Pembelajaran Menulis Puisi dengan Teknik Kata Kunci. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar 4(1):197–204.
Mustika, I., Isnaini, H., Terusan Jenderal Sudirman, J., & Barat, J. (2021). Konsep Cinta pada Puisi-Puisi Karya Sapardi Djoko Damono: Analisis Semiotika Carles Sanders Pierce. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 6(1), 1-10.1.
Salamah. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Perintis 2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal Educational of Indonesia Language 1(01). doi: 10.36269/jeil.v1i01.301.
Sari, N. I., & Randi, R. (2024). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMPI Annuriyyah Jakarta Timur. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 3(2):153.
Septiani, V., & Kamil, A. M. (2024). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X SMA PGRI 4 Kota Bogor Pembelajaran Bahasa Indonesia Diarahkan untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Bahasa Indonesia Mencangkup Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan 1:52–64.
Sutirta, E. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 6 Kediri Dalam Menulis Puisi Dengan Pengembangan Model Definisi. Jurnal Simki Pedagogia 5(2):147–56.
Toja, D. A. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual Menggunakan Media Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan 1(2):199–204.
Ulfah, A., Fitriyah, L., Zumaisaroh, N., & Jesica, E. (2023). Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Di Era Merdeka Belajar.” GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5(1):42–57.
Article Metrics
Abstract view : 39 times | PDF view : 3 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)
Email: jurnal.titikdua@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License