Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Melalui Metode Peer Tutoring pada Siswa Kelas IX SMPN 27 Makassar
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) UPT SMPN 27 Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v5i1.68332
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Dewi, U. K., Silva, P. S., & Wikanengsih, W. (2018). Penerapan Metode Discovery Learning pada Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1 (6), Hal. 1021-1028. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/1733.
Febianti, Y. N. (2016). Peer Teaching (Tutor Sebaya) Sebagai Metode Pembelajaran untuk Melatih Siswa Mengajar. Jurnal Edunomic, 2 (2), Hal. 81-87.
Fitriyanti, P. D. (2018). Keefektifan Metode Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Rakyat Peserta Didik kelas VII SMP Negeri 1 Pandaan Tahun Pelajaran 2017/2018. Bapala, 5 (1), Hal. 1-11.
Hendrawan, D. N., & Indihadi, D. (2019). Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6 (1), Hal. 47-57. https://ejournal.upi.edu/index.php/peda didaktika/article/view/12689/8852.
Kosasih (2020). Jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Bandung: Yrama Widya.
Lestari, D. W., Dian, H., & Sudrajat, R. T. (2019). Pembelajaran Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Siswa Kelas X MAN Cimahi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 1 (5), Hal. 815-820. http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i5p%25p.1333.
Munthe, A. P & Naibaho, H. P. (2019). Manfaat dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9 (2), Hal. 138-147. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147.
Seleky, J. S., Ripa, R., & Agustin, A. (2021). Penerapan Peer Tutoring Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Jumlah Dan Selisih Sudut. POLYGLOT: Jurnal Ilmiah, 17 (2), Hal. 346-363. https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/2888.
Simarmata, J. (2019). Kita Menulis: Semua Bisa Menulis Buku. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Slavin, R. E. (2015). Educational Psychology: Theory and Practices. Eleventh Edition. Boston: Pearson.
Wahyuningsih, E. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Narasi Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sumber Harta. Jurnal Language Education Literature, 2 (2), Hal. 222-234. https://doi.org/10.55526/-.v2i2.556.
Warni, L., Akbarjono, A., & Eliya, I. (2023).. (2023). Implementasi Metode Peer Tutoring dalam Pembelajaran Struktur Teks Deskripsi Pada Bidang Bahasa Indonesia Siswa Kelas VII MTs Darussalam Kota Bengkulu. Jurnal Pustaka Indonesia (JPI), 3 (1), Hal. 87-98.
Winarni, E. W. (2021). Teori dan Praktik Penelitian Kuantitatif Kualitatif, PTK dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Winarsih. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Kompleks Melalui Model Pembelajaran STAD (Student Team Achievement Division) pada Kelas X-IPA 3 SMAN Candipuro Lumajang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1 (2), Hal. 122-123. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i2.2604.
Article Metrics
Abstract view : 34 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI)
Email: jurnal.titikdua@unm.ac.id
Indexed by:
Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia
INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License