ASPEK KEPRIBADIAN TOKOH NOVEL CINTA DALAM DIAM KARYA SHINEEMINKA KAJIAN PSIKOLOGI HUMANISTIK

Sri Wulandari(1*), Sulastriningsih Djumingin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v1i1.23914

Abstract


\

Aspek Kepribadian Tokoh Novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka Kajian Psikologi Humanistik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kepribadian tokoh utama dan tokoh pendukung pada novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka ditinjau dari psikologi humanistik teori Abraham Maslow. Penelitian tentang aspek kepribadian tokoh novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka ini merupakan penelitian kualitatif. Masalah yang akan dianalisis adalah tokoh pada tokoh utama dan tokoh pendukung novel Cinta dalam Diam Karya Shineeminka.Dalam teknik pengumpulan data peneliti menggunakan dua langkah yaitu teknik baca dan pencatatan. Teknik baca dilakukan dengan cara membaca literatur dan sumber data utama penelitian, yakni novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka secara seksama. Selanjutnya teknik pencatatan dilakukan dengan cara mencatat dalam kertas yang telah dipersiapkan tantang hasil penelitian dan pengamatan terhadap peristiwa penting dalam jalinan cerita serta faktor yang menyebabkan munculnya hal tersebut, baik yang tertuang dalam kata, frasa, kalimat, ataupun paragraf yang digunakan novel Cinta dalam Diam karya Shineeminka tersebut dicatat dalam kertas yang telah dipersiapkan. Data yang terkumpul akan disajikan dalam bentuk analisis pendeskripsian tokoh pada novel tersebut berdasarkan kajian psikologi humanistik Abraham Maslow.


Full Text:

PDF

References


Al-azizy, T., & Juminartanti, D. 2017. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Aktualisasi Diri Tokoh Utama Pria dalam Novel Trilogi Makrifat Cinta Karya Abstrak. 6(1), 85–92.

Amalia, N. 2020. Kajian Psikologis Humanistik Abraham Maslow Pada Tokoh Utama Dalam Novel Surat Dahlan Karya Khrisna Pabichara Akan Pangan, Tidur , Rasa Aman Dan Lain-Lain, Serta B-Needs Atau Being Needs Seperti Keinginan. 2(2), 149–156.

Aminuddin. 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Bachri, B. S., Pendidikan, T., & Pendidikan, F. I. 1986. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. 10(1), 46-62.

Budaya, J. I., Wandira, J. C., Hudiyono, Y., Rokhmansyah, A., Studi, P., Indonesia, S, Mulawarman, U. 2019. Kepribadian Tokoh Aminah Dalam Novel Derita Aminah Karya Nurul Fithrati.3(4), 413–419.

Dan, O., Ihsan, K., Konsep, R., Dan, O., Pendidikan, M., Kajian, I., & Relevansi, I. 2012. Manajemen Pendidikan Islam. 13.

Deviya, A., & Supriyanto, T. 2016. Struktur Kepribadian Dan Emosi Tokoh Utama Pada Novel Serial Anak-Anak Mamak Abstrak. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia 5(2), 115–123.

Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Pembelajaran Drama. Yogyakarta: CAPS (Center for Akdemic Publishing Service (PT. Buku Seru).

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodologi Penelitian Sastra. Jakarta: CAPS (Center for Akdemic Publishing Service (PT. Buku Seru).

Etiwati. 2020. Konflik Dalam Novel Cinta Dalam Diam Karya Shineeminka. 5(3), 289-305.

Fajriyah, K., Mulawarman, W. G., Rokhmansyah, A., Budaya, F. I., Mulawarman, U., & Timur, K. 2017. Kepribadian Tokoh Utama Wanita Dalam Novel Alisya Karya Muhammad Makhdlori : Kajian Psikologi Sastra. 3, 1–14.

Fauzi, I. 2019. Pembelajaran Perspektif Psikologi Sufistik Imam Al-Ghazali dan Psikologi Humanistik Abraham Maslow Dalam Pembentukan Kepribadian. 1(2), 77–100.

Goble, Frank G. 1987. Mazhab Ketiga Psikologi Humanistik Abraham Maslow. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).

Humanis, E. 2016. Analisis Psikologi Sastra Novel. 15, 180–186.

Islam, J. S., Materi, T., Metode, D., & Solichin, M. M. 2018. Jurnal Studi Islam”. 5, 1–12.

Koeswara, E. 1991. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: PT ERESCO – Anggota IKAPI

Maulana, H. F., Made, N., Anita, A., & Damayanti, S. 2018. Perilaku Psikopat Tokoh Seiichi Kirishima dalam Komik HIDEOUT Karya Masasumi Kakizaki. 22, 329–334.

Minderop, Albertine. 2010. Psikologi Sastra. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Minderop, Albertine. 2011. Psikologi Sastra: Karya Sastra, Metode, Teori Dan Contoh Kasus. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Ed. Revisi.

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Neolaka, Amos. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Pabichara, Khrisna. 2012. Sepatu Dahlan. Jakarta. Noura Books (PT Mizan Publika).

Pradopo, Rachmat Djoko. 2011. Prinsip-Prinsip Kritik Sastra. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada Press.

Prahayu, F. A. M., & Maslikatin, T., & Rahayu, B. M. S. S. (2014). Kajian Psikologi Humanistik NovelMerpati BiruKarya Achmad Munif. 2(2), 32-42.

Psikologi, K., & Gustav, C. 2020. “Kepribadian Tokoh Ayah Dan Anak Dalam Novel”. 8(1), 54–64.

Psikologi, K., Abraham, H., & Rostanawa, G. 2018. Hirarki Kebutuhan Tokoh Utama dalam Novel Pulang dan Laut Bercerita Karya Leila S . Chudori. 1(2), 58–67.

Putra, T., Nast, J., & Yarni, N. 2019. Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. 2, 270–275.

Sarwono, Sarlito Wirawan. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pers.

Sastra, P., & Astuti, Y. 2020. Kepribadian Tokoh Utama Dalam Novel Ayat-Ayat Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy ( Tinjauan). 5(4).

Shineeminka. 2018. Cinta Dalam Diam. Depok: Bintang Media.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, B. A., Ahmad, N., Islam, U., Sunan, N., & Yogyakarta, K. 2019. Terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 3(September), 1–18.

Triwahyuni, H. 2017. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah Karya Chye Retty Isnendes ( Kajian Psikologi Sastra ) Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Daerah STKIP Muhammadiyah Kuningan Gedung A Lt . 3 Kuningan Jawa Barat Info Artikel. 7–14.

Yunailis, M. 2019. Kajian Teori Humanistik Maslow Dalam Kurikulum 2013. 9.


Article Metrics

Abstract view : 417 times | PDF view : 57 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) 

Email: [email protected]

 

Indexed by:

    

 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License