KESETARAAN GENDER DALAM BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X DAN XI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Muhammad Abdi Arismunandar(1*), Muhammad Saleh(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v1i1.23818

Abstract


Kesetaraan Gender dalam Buku Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini mendeskripsikan kesetaraan posisi dan peran gender dalam ranah domestik maupun publik pada buku pembelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas X dan XI Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah koskata, klausa, kalimat, atau paragraf yang mengandung kesetaraan gender sedangkan sumber dari penelitian ini adalah teks bacaan dalam buku pelajaran bahasa Indonesia kelas X dan XI SMA kurikulum 2013 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan edisi revisi tahun 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pencatatan dan teknik baca-simak. Hasil penelitian diklasifikasikan berdasarkan posisi dan peran gender dalam lingkup domestik dan dalam lingkup publik. Bentuk kesetaraan gender yang ditemukan adalah kesetaraan posisi dan peran dalam lingkup domestik maupun publik. Kesetaraan posisi dan peran berkenaan dengan kesetaraan posisi dan peran seseorang dalam lingkup domestik tidak hanya laki-laki, perempuan juga ditemukan sebagai pengambil keputusan dan dapat menjadi pemimpin keluarga. Kesetaraan gender juga ditemukan dalam lingkup publik berupa kesetaraan posisi dan peran gender dimana perempuan digambarkan sebagai orang yang mampu mencari nafkah untuk dirinya sendiri tanpa memerlukan bantuan dari orang lain, perempuan digambarkan sebagai sosok yang mandiri dan mampu menjadi pemimpin baik untuk diri sendiri ataupun orang lain.

Full Text:

PDF

References


Esplen, E. & Jolly, S. (2006). Gender and Sex: a Sample of Definisions. Bridge (Genderand Development). University of Sussex, Brighton.

Moleong, Lexy J. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nauly, Meutia. 2002. Konflik Peran Gender pada Pria: Teori dan Pendekatan Empirik. USU digital library.

Nugroho, Rian. 2008. Gender dan Strategi Pengarus-utamaannya di Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ratna, Megawangi.1999. Membiarkan Berbeda: Sudut Pandang Baru tentang Relasi Gender. Bandung: Mizan.

Wahid, Umaimah dan Ferrari lancia.2018. Pertukaran Peran Domestik dan Publik Menurut Wacana Sosial Holliday. Jurnal Komunikasi 11 (1): 110-111, Download EJurnal Unisbah. Diakses Pada Kamis, 12 September 2019.

William, Dede, de Vries. 2006. Gender Bukan Tabu; Catatan Perjalanan Fasilitasi Kelompok Perempuan di Jambi. Bogor: Center for International Forestry Research (CIFOR).


Article Metrics

Abstract view : 275 times | PDF view : 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) 

Email: jurnal.titikdua@unm.ac.id

 

Indexed by:

    

 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License