UNGKAPAN HUMOR DALAM VIDEO DOKUMENTASI PEMBELAJARAN DI MEDIA SOSIAL

Imran Samir(1*), Azis Azis(2), Usman Usman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.59562/titikdua.v1i1.22886

Abstract


Ungkapan Humor Dalam Video Dokumentasi Pembelajaran di Media Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan bentuk ungkapan humor dalam video dokumentasi pembelajaran, (2) mendeskripsikan fungsi ungkapan humor dalam video dokumentasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan beberapa video pembelajaran. Desain penelitian yang dilakukan yakni deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini yakni guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan perekaman dan pengamatan. Istrumen penelitian terdiri atas instrumen utama yakni peneliti dan instrumen pendukung berupa rekaman, dan panduan analisis data. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa bentuk ungkapan humor yang digunakan guru dalam pembelajaran yaitu bentuk humor plesetan, bentuk berlebihan, bentuk silap lidah, bentuk jargon, bentuk estetis, bentuk kejutan dan bentuk konatif. Adapun fungsi ungkapan humor yang digunakan guru dalam proses pembelajaran yaitu fungsi menghibur, memotivasi, mengingspirasi, mengkondusifkan kelas, dan memerintah. Penggunaan bentuk ungkapan humor disesuaikan dengan materi pelajaran. Pengunaan fungsi ungkapan humor tersebut digunakan sesuai dengan konteks pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Muhammad. 2020. Humor dalam Pembelajaran sebagai Sarana Pengembangan Potensi Agama Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Aura 12(1)1-15.

Aulia, I & Hudaidah. 2021. Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan 3(2) 456-462.

Balqis, Putri. dkk 2014. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada SMPN 3 Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan 2 (1) 25-38.

Devina, Myra. 2016. Sikap Masyarakat Surabaya terhadap Pesan Iklan Televisi Coca Cola Versi “Rasakan Momennya ”. Jurnal E-Komunikasi 4(1) 1-12.

Fajriani, Nurul. 2016. “Pengaruh Sense of Humor terhadap Komunikasi Interpersional pada Anggota Komunitas Stand Up Comedy Indonesia Regional Makassar”. Fakultas Psikologi. Universitas Negeri Makassar. Makassar.

Hilmi, Mustofa. 2018. Humor dalam Pesan Dakwah. Jurnal Ilmu Dakwah 38(1) 87-110.

Julianti, Ulfa. 2015. Pemakaian Jargon Pada Dinas Perhubungan Kota Tanggerang Selatan. Jurnal Sasindo Umpan 2(2) 38-50.

Mayasari, Ira. 2015. Senyapan dan Kilir Lidah dalam Produksi Ujaran (Kajian Psikolinguistik). Jurnal Dieksis 7(2) 123-132.

Muhammad, Maryam. 2016. Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal 4(2) 87-97.

Nurani, Dian. 2017. “Teknik Penciptaan Humor Berdasarkan Segi Bhasa dan Segi Logika dalam Acara Stand Up Seru (Super) di Kompas Tv Oktober 2015”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Purwekorto.

Palupi, Dian. 2014. Bentuk dan Fungsi Humor dalam Serial Drama Komedi Extra Francais Karya Whitney Barros. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.

Puspitacandri, Ardhiana. 2013. Pengaruh Kreativitas Verbal terhadap Sense of Humor Akselerasi. Jurnal Psikologi Tabularasa 8 (2) 681-690.

Rutina. 2017. Penerapan Model-model Pengelolahan Kleas yang Dilakukan Oleh Guru di Kelas III SD 2 Bluyahan, Sewon, Bnatul , Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sibarani. , Robert. 2004. Antropolinguistik. Medan; Poda.

Sulthon. 2016. Konsep Guru yang Mengingspirasi dan Demokratif. Jurnal Elementary 3 (1) 115-134.

Sunarto. 2017. Estetika dalam Konteks Pendidikan Seni. Jurnal Refleksi Edukatika 7 (2) 102-110.

Supriyadi. 2017. “Penerapan Strategi Pembelajagran Menyenangkan dengan Humor dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X di SMA Sultan Mahmud Badaruddin Palembang”. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Fatah. Palembang.


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 43 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Study Program of Indonesian Language Education, Faculty of Languages and Literature, Universitas Negeri Makassar in cooperate with Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) 

Email: jurnal.titikdua@unm.ac.id

 

Indexed by:

    

 

Address: Department of Indonesian Language Office, DG Building Second Floor, UNM Parangtambung Campus, Daeng Tata Raya Street, Makassar, South Sulawesi, Indonesia

 

INDONESIA: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License