The Relationship of Serial Storytelling Activities in Stimulating Early Reading Ability in Kindergarten
(1) TK Al Karomah PGRI 4 Pujon, Malang, Jawa Timur
(2) TK Dharma Pertiwi Bojonegoro, Jawa Timur
(3) TK Aisyiyah Bustanul Athfal V Pucakwangi Lamongan, Jawa Timur
(4) TK Robbani Denpasar, Bali
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v8i2.27568
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Tommy.2007. Perencanaan Buku Cerita bergambar Sejarah GoaSelonangleng Kediri. Surabaya: Universitas Kristen Petra
Arief Sadiman S, dkk. 2009. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya). Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Asti, A. W., & Saodi, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Gambar Seri Terhadap Kemampuan Membaca Anak Pada Kelompok Bermain Melati Kabupaten Gowa. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 3(1), 42-54. https://doi.org/10.35473/ijec.v3i1.870
Aulina, C. N. (2012). Pengaruh Permainan Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2), 131-144. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.36
Brown, C. S. (2014). Language and literacy development in the early years: Foundational skills that support emergent readers. Language and Literacy Spectrum, 24, 35-49.
Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah. 2001. Didaktik Metodik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar & Menengah Dirjen TK & SD.
Depdiknas.2003. Kurikulum 2004 StandarKompetensiPendidikanAnakUsiaDini. Jakarta: Depdiknas.
Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke-3. Jakarta: Balai Pustaka
Dewi, N. N. D. P. T. (2020). Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini Melalui Media Gambar Cerita Berseri. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(3), 362-369.
Dheni dkk, 2008, Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta, Universitas Terbuka.
Dini, J. P. A. U. (2022). Strategi Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3701-3713.
Fung. 2003. Penggunaan Kalimat Lengkap. Jakarta. Rineka Cipta
Hapidin. 2004. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Harini, Sri. 2003. Mendidik Anak Sejak Dini. Yogyakarta. Kreasi Wacana.
Hilaliyah, T. (2016). Kemampuan Membaca Anak Usia Dini. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 187-194.
Hurlock, Elizabeth. 2004. Psikologi Perkembangan. Edisi kelima. Jakarta. Erlangga.
Majid, A. A. 2001. Mendidik dengan Dongeng. Bandung: PT Rosda Karya.
Moeslichatoen. 2004. Metode Mengajar di Taman Kanak-Kanak. Jakarta. Rineka Cipta
Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Cerita bergambar Untuk Anak Usia Dini. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Mustakim, dkk. 2005. Bahasa Untuk Berbicara Dan Menulis. Jakarta: Mulawarman Offset.
Oktavia, E., & Fahruddin, F. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Gambar Cerita Berseri Terhadap Perkembangan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Eksperimen di Kelompok BTK Negeri Pembina Ampenan). JUMPA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak), 1(1), 1-4.
Patmonodewo, Soemarti. 2000. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta. Rineka Cipta
Purwasi, N., & Yuliariatiningsih, M. S. (2018). Pengembangan literasi sains anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2).
Rahmatika, P., Hartati, S., & Yetti, E. (2019). Metode pembelajaran mind map dan bercerita dengan gaya kognitif, pengaruhnya terhadap kemampuan membaca permulaan. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 548-560.
Rukmini, Sri dan Siti Sundari. 2004. Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta. Rineka Cipta
Suhardjono, Arikunto, Supriadi 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.
Sukanto. 2001. Seni Cerita Islami. Jakarta: Bumi Mitra Press
Suyanto. 2005. Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publishing
Tarigan. 2008. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Thalib, S. B. 2004. Landasan Psikologi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Edukasi (Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan 5.
Tjoe, J. L. (2013). Peningkatan kemampuan membaca permulaan melalui pemanfaatan multimedia. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 7(1), 17-48.
Article Metrics
Abstract view : 101 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Liswatun Hasanah; Dian Nita Dwi P.; Ida Aminatazzuhriyah; Iftitah Hanif N.
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Published by:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
Kerjasama:
Support by:
Email: jurnal.tematik@unm.ac.id
p-ISSN: 2476 - 9363
e-ISSN: 2723 - 7613
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats