Use of Number Card Playing Method to Improve Early Childhood Numeracy Skills

Damayanti Purnamasari Suci(1*), Yunita Yunita(2), Miftahulkhair Miftahulkhair(3), Febriana Ekananda Suras(4),

(1) TK PGRI Ujung Indah Barru, Sulawesi Selatan
(2) TK Mardiyatul Wildan Maros, Sulawesi Selatan
(3) TK Islam An-Nur Gowa, Sulawesi Selatan
(4) TK Al-Imran Makassar, Sulawesi Selatan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v8i2.27549

Abstract


The improvement of numeracy skills carried out in group B through number card playing activities at PGRI Ujung Indah Kindergarten, Mallusetasi District, is expected to increase through this study. The approach used in this research is qualitative. This research uses classroom action research (Classroom Action Research). Data collection is carried out using observation and documentation methods, data is collected and then analyzed using descriptive analysis techniques through the initial elaboration of the research until the end of the treatment given. The study's results during the first treatment process showed a percentage rate of 20%. In cycle II there was an increase with a percentage of 87%.  For the activity aspect of pairing numbers on objects from the lowest to the highest numbers, the number in cycle I was as much as 33%, and an increase in cycle II showed a rise to 87%.  Based on this data, the indicator of learning success is achieved because it has been at ≥ 70%.


Keywords


Numeracy ability; number card; early childhood

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sinring, Ali Latif Amri, Pattaufi, Rudi Amir. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi Program S1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. . Budi Utama Prima

Arikunto, Suharsimi. 1999. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Pedoman Pembejaran Permainan Berhitung Permulaan di TK. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD.

FIP. 2000. Bahan Ajar Sumber belajar dan Media Pembelajaran. Makassar. Program D2 Pendidikan taman Kanak-Kanak. FIP, UNM.

Hasibuan, M. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. PAUDIA: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 62-70.

Hurlock. 1994. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Khan, R. I., & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui permainan bowling kaleng. UNIVERSUM: Jurnal KeIslaman dan Kebudayaan, 10(1).

Moleong, Lexy. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. 2009. Praktek Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nakita. 2005. Pilih Permainan Edukatif Agar Si Kecil Tekun. Jakarta: Gramedia.

Nataliya, P. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Permainan Tradisional Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343–. Https://Doi.Org/10.22219/Jipt.V3i2.353

Nurhidayah. 2010. Pengembangan Kemampuan berhitung Melalui Permainan Kereta Bernomor Di Tk Aisyah Cabang Blimbing Polokarto Sukoharjo. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Novianti, R. (2015). Pengembangan Permainan Roda Putar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Angka Anak Usia 5-6 tahun. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 4(1), 56-63.

Paimin, Joula Ekaningsih. 1998. Agar Anak Pintar Matematika. Jakarta: Puspa Swara.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

SARI, D. P. Dkk. (2019). Pengenalan lambang bilangan anak usia dini melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1).

Suhardjono, Arikunto Suharsini, dan Sufardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Sujiono, Yuliani H., Sujiono, Bambang. 2005. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta : Yayasan Citra Pendidikan Indonesia.

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suriasumantri, Jujun S. 1982. Filsafat Ilmu. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Utami, Y. S. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok A di TK Setia Rini, Titang Sumberagung Jetis Bantul. Pendidikan Guru PAUD S-1, 7(4), 304-314.

Maryam, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak melalui Permainan Kartu Angka pada Kelompok B TK NW Lelupi Kecamatan Sikur. NUSANTARA, 1(1), 87-102. https://doi.org/10.36088/nusantara.v1i1.283

Sudarti, S. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Media Kartu Angka Pada Anak Kelompok B Di Tk Tat Twam Asi Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020. Journal of Industrial Engineering & Management Research, 2(6), 54 - 62. https://doi.org/10.7777/jiemar.v2i6.227

Marselani, D. (2019). Kemampuan Berhitung Anak melalui Media Kartu Angka. Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 63-66. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i2.1249

Mertadi, G. A. M., Pudjawan, K., & Raga, G. (2014). Penerapan Model Make a Match Berbantuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Di TK Buana Sutha Nugraha Selemadeg. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/paud.v2i1.3053


Article Metrics

Abstract view : 242 times | PDF view : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Damayanti Purnama Suci; Yunita; Miftahulkhair; Febrianan Ekananda S.

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats