MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR DALAM PENGEMBANGAN MINAT BELAJAR ANAK

Made Suardani(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.21016

Abstract


The purpose of this study is to get a picture of the application of environmental media in the development of child study at kindergarten. The kind of research used in this study is qualitative. The object of research used in this study is the teachers of group B, children, and the principal of the elementary school. The data-collection technique used was observation, interview and documentation. The data analysis techniques used are the reduction of data, the presentation of data and drawing conclusions. Research indicates that practices use the environmental media of natural and artificial environments to develop a child's interest in learning with Expressed interest (a verbal expression expressed whether a child likes or dislikes an object), Manifest interest (interest expressed by actions or actions in which the child participates in an activity and the child participates in activities), tested interest (interest expressed from the child's knowledge or skill test conclusion in an activity), and interest inventoried (interest measured in answering questions given).


Keywords


Environmental Media, Interest In Learning, Children

Full Text:

PDF

References


Andrianto, Dedy. 2011. Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar AUD. Jakarta: Depdiknas.

Anggraini, Nur. 2017. Peranan Komunitas Jendela Lampung Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak di Tempat Pembuangan Akhir Bakung Teluk Betung Bandar Lampung Tahun 2016. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Apriandoko, Doni 2012. Peranan Media Massa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA N 1 Pringsewu Tahun Pelajaran 2011/2012.Universitas Lampung.

Arsyad. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Aswaja Pressindo Badru Zaman, dkk (2010), Media dan Sumber Belajar TK, Jakarta-Universitas Terbuka;

Dalyono, M.1997. Psikologi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasnida. 2015. Media Pembelajaran Kreatif Mendukung Pengajaran Anak Usia Dini. Jakarta: PT Luxima Metro Media.

Herman, H., Rusmayadi, R., & Herlina, H. (2020, November). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Di Taman Kanak-Kanak. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat.

Inggrida, Puspita. 2014. Penggunaan Media Flashcard Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Konsep Bilangan 1-10 Di Kelompok A Tk Islam Insan Al-Firdaus. E-Journal UNESA. Vol 3. Nomor 3.

Jiwaningrum, Susmiyati. 2014. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Alam Untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Vol 1. Nomor 2.

Kartono, Kartini, Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan, Bandung: Penerbit. Mandar Maju. 1995.

Khairani Makmun,2017, Psikolog. Psikologi Belajar.Yogyakarta.

Kurniasari, Intan 2018. Hubungan Penggunaan Media Alam Sekitar Dengan Kemampuan Berpikir Logis Anak Kelompok B di TK Kartika II-27 Bandar Lampung. Universitas Lampung.

Manewati, 2014. Kegiatan pembiasaan dalam Pengembangan perilaku Kemandirian pada anak kelompok B di Taman kanak-kanak satu atap SDN 55 kabupaten pinrang. Skripsi. Makassar. Fakultas Ilmu Pendidikan UNM.

Melati, Cahya. 2013. Pengaruh Kondisi Lingkungan Belajar dan Minat Belajar Terhadap Motivasi Belajar PKn Siswa SMP Tunas Dharma Way Galih Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas lampung.

Noor, Juliansyah. 2010. Metode Penelitian Jakarta: Kencana.

Rusman. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. 2013.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Slamento. 2007. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta: Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Suhartini Dewi. 2001. Minat Siswa Terhadap Topik-topik Pelajaran dan Beberapa Faktor yang Melatar Belakanginya (tesis), Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2013. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta Barat: PT Indeks.

Suparno, Paul. 2007. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.

Suryabrata Sumadi. 2002. Psikologi pendidikan. RajaGrafindo Persada: Jakarta.

Suryani, Dewi. 2017. Peningkatan Pemahaman Materi Lingkungan Alam dan Buatan pada Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Grup Investigation di Kelas III A Mi Bahrul Ulum Meganti-Gresik. Surabaya.

Suryani, Nunuk dan Agung, Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Ombak.

Suyono & Hariyanto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syah, Muhibbin. 2010. Buku Pintar PAUD. Jogjakarta: Laksana.


Article Metrics

Abstract view : 491 times | PDF view : 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Made Suardani

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats