PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK MELALUI BERCERITA DENGAN BONEKA TANGAN DI TAMAN KANAK-KANAK

Lisnawati Lisnawati(1*), Syamsuardi Saodi(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20297

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan menyimak melalui bercerita dengan boneka tangan pada anak usia 4-5 tahun TK Negeri Pembina Bangkala, Jeneponto. Subjek penelitian ini adalah anak Kelompok  A2 dengan jumlah anak didik 15 orang dengan 2 orang guru. Objek penelitian adalah kemampuan menyimak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi yang diambil pada saat proses pembelajaran. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus berlangsung selama 4 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyimak Anak Usia 4-5 Tahun TK Negeri Pembina Jeneponto dapat ditingkatkan. Hasil observasi pada pra tindakan menunjukkan bahwa tidak ada anak yang berkriteria berkembang sangat baik. Setelah adanya tindakan Siklus I kemampuan menyimak kriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 5 anak dan pada Siklus II kriteria berkembang sangat baik meningkat menjadi 12 anak. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bercerita dengan media boneka tangan pada  anak usia 4-5 tahun dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada Anak Usia 4-5 tahun  TK Negeri Pembina Bangkala Kabupaten Jeneponto.


Keywords


Media boneka tangan, bercerita & kemampuan menyimak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suhasrimi, dkk. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Ayudia, Rizki. 2017. Mengembangkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bercerita. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.

Bachri S Bachtiar. 2005. Pengembangan Kegiatan Bercerita di Taman Kanak- kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Daeng Kembong, dkk. 2010. Pembelajaran Keterampilan Menyimak. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar

Dimyati, Johni. 2013. Metodologi Penelitian dan Pendidikan dan Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ernawati, Yunita Dwi. 2014. Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Cerita Dengan Boneka. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Moeslichatoen. 2005. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdiknas.

Murni, Wahid dan Ali Nur. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Malang: UM PRESS.

Mustakim Nur Muhammad. 2005. Peranan Cerita Dalam Pembentukan Perkembangan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Nurbiana Dhieni, dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terburka

Rosidah, Nur. 2018. Pengaruh Media Boneka Tangan Terhadap Keterampilan Bercerita Anak Usia 4-5 Tahun TK Dharma Wanita Persatuan Randuagung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya

Saleh Abbas. 2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional

Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Sugiyuno. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Syamsuardi, S. (2014). Language And Development Of Children’s Creativity. Proceeding; Living In HarmonyTrough Early Childhood Education & Cre.

Tadkiroatun Musfiroh. 2008. Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Tarigan. 2008. Menyimak Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Wiratama, Rifki. 2017. Penggunaan Boneka Tangan Dalam Peningkatan Perilaku Mencuci Tangan Pada Anak di Code Utara Yogyakarta. Yogyakarta: Politeknik Kesehatan dan Kementerian Kesehatan.

Wiyani, Novan Ardy. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: Gova Media


Article Metrics

Abstract view : 395 times | PDF view : 83 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Lisnawati Lisnawati; Syamsuardi Saodi

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats