PENINGKATAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL MELALUI KEGIATAN KOLASE BERBASIS SAINTIFIK DI TK AISYIYAH KOTA MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i2.20289
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas . Jakarta: Bumi Aksara
Asmani, J. M. 2015. Panduan Praktis Manejemen Mutu Guru Paud. Yogyakarta: DIVA press.
Bugin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana
Devi,F.P.2014. Peningkatan Kreativitas Melalui Kolase. Jurnal Pendidikan Anak, (Online), Vol.4 No 1, http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13449 , ( 21 April 2016).
Fuller, C. 2007. Maksimal Potensi Belajar Anak Anda . colorado Springs: Pion press.
Gardner,H. 1993. Frames Of Mind The Theory Of Multiple Intelegenies. New York: Basic Book
Iskandar. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Referensi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Depertemen Pendidikan dan kebubayaan.
Nurhadiat,D.2005. Kerajinan tangan dan kesenian untuk sekolah dasar kelas 6. Jakarta:Grasindo.
Mulyasa, H.E. 2009. Praktik Penilitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rodhliyah, S., & N.Awangga, S. (2007). Tes Kecerdasan Visual Spasial .Yogyakarta: Palmall.
Riyanto, Y. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sani, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari,E.K. 2012. Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Kolase Dari Bahan Bekas. Jurnal Pesona PAUD, (Online), vol.1 No 1, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/paud/article/download/1615/1389.
Subianto, P. 2004. Mendidik dengan Hati. Jakarta: Gramedia.
Sujiono, Y. N. 2009. Konsep Dasar Pendididkan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Suminah, E. Dkk. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Masyarakat Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Triharso, A. 20 13. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendididkan Nasional, (online), http://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf,
Veronika H, & Mesra. 2012. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan hasil Belajar Teknik Kolase Melalui kerajinan tangan dalam Mata Pelajaran SBK. Jurnal Usia Dini, (online), Vol.3 No.1, http://jurnal.unimed.ac.id/ 2012/ index.php/ gorga/article/download/176/67.
Yaumi, M., & Ibrahim, N. 2013. Pembelajaran berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Kencana.
Article Metrics
Abstract view : 522 times | PDF view : 72 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Muhlisah Muhlisah, Herlina Herlina
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Published by:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
Kerjasama:
Support by:
Email: jurnal.tematik@unm.ac.id
p-ISSN: 2476 - 9363
e-ISSN: 2723 - 7613
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats