PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KARTU ANGKATERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN DI TAMAN KANAK-KANAK

Annisa Sevtiandini A(1*), Hejerah Hajerah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19713

Abstract


Studi ini menelaah tentang Pengaruh Penggunaan Media Kartu Angka terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Pada kelompok B di Paud Kartini Kabupaten Bantaeng sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa penggunaan media kartu angkaJenis penelitian yang digunakan adalah Design control group design, pendekatan yang dipilih iyalah pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini terdapat 22 anak. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu tehnik random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berhitung permulaan anak sebelum dan sesudah penggunaan media kartu angka terhadap kemampuan berhitung permulaan anak pada kelompok B di Paud kartini Kabupaten Bantaeng.

Keywords


Media kartu, berhitung

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Alwi, 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Depdiknas. 2007. Pedoman Pembelajaran Berhitung Permulaan Di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah Direktorat Pembnaan Taman Kanak-Kanak Dan Sekolah Dasar

Depdiknas. 2000. Permainan Berhitung di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Ditrektorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah DirektoratJenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Baian Proyek Peningkatan Mutu di Taman Kanak-kanak

Hurlock, E.B, 1999. Perkembangan Anak Julid I (edisi 6). Penerbit Erlangga : Jakarta

Jubaedah, 2010. Penerapan Bermain Edukatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung. Malang

Mariani, D. (2018). Pengaruh Media Kartu Gambar Angka Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Pada Anak Di Raudhatul Atfhal Al-Kamal Jln Tegal Sari Lau Dendang Tahun Ajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).

Mufarizuddin, M. (2017). Peningkatan Kecerdasaan Logika Matematika anak melalui bermain kartu angka kelompok b di tk pembina bangkinang kota. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 62-71.

Musi, M. A. (2016). Peningkatan Keterampilan Berhitung Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Demonstrasi Dengan Media Gambar. Indonesian Journal of Educational Studies, 19(1).

Novitasari, R. (2016). Pengaruh Media Buah Angka Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Kelompok A. PAUD Teratai, 5(3).

Patintingan, M. L. 2013. Penerapan Matode Jarimatika di TK Asoka Makassar. Tesis. Makassar. UniversitasNegeri Makassar

Permendiknas. 2014. Permendikbud Nomor 146 tentang kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kemendikbud.

Wulandari, P. D., Wirya, N., Tirtayani, L. A., & Psi, S. (2014). Penerapan Numbered Head Together Berbantuan Media Kartu Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1).


Article Metrics

Abstract view : 712 times | PDF view : 150 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Annisa Sevtiandini A, Hejerah Hajerah

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats