PENINGKATAN PERKEMBANGAN KOGNITIF DALAM MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA PUZZLE DI TAMAN KANAK-KANAK

Dwi Angraeni(1*), Bonita Mahmud(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19712

Abstract


Masalah dalam penelitian ini yaitu anak belum dapat mengenal angka pada anak kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar yang dapat diatasi pada standar dengan permainan puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perkembangan kognitif dalam mengenal angka melalui media puzzle pada anak kelompok B PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar. Fokus penelitian ini adalah bagaimana peningkatan perkembangan kognitif dalam mengenal angka melalui media puzzle. Subjek penelitian ini adalah guru dan anak kelompok B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktifitas guru pada pertemuan II siklus I hanya mencapai 40% maka masih dalam kategori kurang, pertemuan II siklus II mencapai 80% maka meningkat menjadi kategori baik. Demikian pula aktivitas belajar anak didik pada pertemuan II siklus I hanya mencapai 38% maka masih dalam kategori cukup, pertemuan II siklus II sudah mencapai 84% maka meningkat menjadi kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian Kemampuan mengenal angka  Melalui Media Puzzle di PAUD Terpadu Teratai UNM Kota Makassar Meningkat.

Keywords


Perkembangan kognitif, media puzzle, mengenal angka

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Beaty, Janice J. Obervasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian kualitatif. Jakarta: Kencana

Hamalik, oemar. 2008. Media Pendidikan. Bandung: PT Citra Aditya Bakti.

Ismail, Andang. 2006. Education Games Menjadi Cerdas Dan Ceria Dengan Permainan Edukatif. Yogyakarta : Nuansa Aksara.

Kurnia, Rita. (2010). Program Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini.Pekanbaru: Cendikia Insani

Masnipal. 2013. Siap Menjadi Guru dan Pengelolah Paud Propesional. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Naga, Dali. S. 1990. Berhitung: sejarah dan perkembagannya. Jakarta: PT Gramedia.

Rudyanto. 2005. Pembelajaran Kooperatif Untuk meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta : Depdiknas

Soebacham, Agustina. 2012. Permainan Asyik Bikin Anak Pintar. Yogyakarta: IN Azna books.

Sriningsih, N. 2009. Pembelajaran Matematika Terpadu Untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.

Sudaryanti, 2006. Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP Universitas Negeri Yogyakarta

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Kencana:Jakarta

Sujiono, Yuliani Nurani. 2006. Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

______________________2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia dini. Jakarta: Indeks.

Tedjasaputra, Mayke. S. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan Untuk pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2013 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Besertapenjelasannya. Jogjakarta: Buku Biru

Wahyuni dan Maureen. 2011. Manfaat Dan Tips Memilih Puzzle. www.alat–peraga. net/manfaat-dan-tips-memilih-puzzle.htm ( diakses 20 maret 2016)

Yulianti I, Rani. 2008. Permainan Yang Meningkatkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Laskar Aksara.

Yudiasmini, Agung , Ujianti. 2014. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (tgt) berbantuan media puzzle dalam meningkatkan perkembangan kognitif, (diakses 30 februari 2016)

Yus, Anita. 2005 Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depertemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.


Article Metrics

Abstract view : 611 times | PDF view : 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Dwi Angraeni; Bonita Mahmud

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: [email protected] 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats