PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP PERKEMBANGAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS ANAK USIA DINI
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19710
Abstract
Studi ini menelaah tentang Pengaruh Penerapan Metode eksperimen berbasis scientific approach Terhadap perkembangan kecerdasan logis matematis anak Kelompok B TK Bustanul Islamiyah kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-eksperimen design dengan pendekatan kuantitatif. Tehnik penyampelan menggunakan tehnik sampel jenuh dimana jumlah populasi dan sampel yang sama yaitu berjumlah 17 anak. Indikator yang digunakan yaitu melakukan kegiatan memecahkan masalah sederhana yang dihadapi, Melakukan kegiatan yang menunjukkan anak mampu mengenal konsep besar-kecil, banyak-sedikit, panjang-pendek, berat-ringan, tinggi-rendah dengan mengukur menggunakan alat ukur tidak baku serta Menyebutkan jumlah benda dengan cara menghitung. Tehnik pengumpulan data menggunakan tehnik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskripsi dan uji non parametrik menggunakan uji beda Wilcoxon. Uji non parametrik didapat nilai T hitung sebesar 153 dan T tabel 35 maka diperoleh hasil T hitung (153) > nilai T tabel sebesar (35) maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya ada pengaruh penerapan metode eksperimen berbasis scientific approach terhadap perkembangan kecerdasan logis matematis anak kelompok B TK Bustanul Islamiyah Kota Makassar.
Full Text:
PDFReferences
Amalia, K., & Suprapti, A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Sains Mengenal Benda Cair melalui Metode Eksperimen. Jurnal Ilmiah POTENSIA, 3(2), 66-75.
Asmani, Jamal M. 2015. panduan praktis manajemen mutu guru paud melejetkan kecerdasan anak. Yogjakarta: Diva Press.
Dewi, A. C. (2011). Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Berbasis Ketrampilan Proses. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(2).
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 35-43.
Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan . 2013. Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
_______.2014. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurhaedah, N., & Amal, A. (2017, October). Model Pembelajaran High/Scope dalam Menumbuh Kembangkan Kemampuan Anak Usia Dini. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 2, No. 1).
Putra, Sitiatava Rizema. 2013. Desain belajar mengajar berbasis sains. Yogyakarta: Diva press.
Said, A dan Budimanjaya, A. 2015. 95 Strategi Mengajar Multiple Intellegences Mengajar Sesui Kerja Otak Dan Gaya Belajar. Jakarta: Kencana.
Sani, Ridwan A. 2015. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. 2015a. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung: IKAPI.
_______.2015b. Statistik Non Parametrik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif Dan Psikomotor (Konsep Dan Aplikasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada
Suryana, D. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu Berbasis Pendekatan Saintifik di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 67-82.
Utami dan Ade D. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Universiatas Negeri Jakarta
Article Metrics
Abstract view : 654 times | PDF view : 121 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Ismiyati Ismiyati; Muhammad Akil Musi
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Published by:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
Kerjasama:
Support by:
Email: jurnal.tematik@unm.ac.id
p-ISSN: 2476 - 9363
e-ISSN: 2723 - 7613
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats