SAINTIFIK BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN SAINS PADA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Igha Putri Kesuma(1*), Parwoto Parwoto(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19709

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui efektivitas pendekatan saitifik berbasis contextual teaching and learning terhadap kemampuan sains anak pada PAUD Al-Wildan Kec. Wonomulyo Kab. Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah  quasi-experimental design atau eksperimen semu. Teknik   pengumpulan   data   yang   digunakan  adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji hipotesis-t (Separated Varian) diperoleh thitung lebih besar dibanding ttabel pada taraf signifikan dan derajat kebebasan tertentu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan sains kelompok anak yang mengikuti pembelajaran pendekatan saintifik berbasis CTL termasuk kategori tinggi, serta terdapat pengaruh positif penerapan pendekatan saintifik berbasis CTL terhadap kemampuan sains anak di PAUD Al-Wildan Kecamatan Wonomulyo Kabupaten Polewali Mandar.

Keywords


Pendekatan saintifik berbasis CTL, kemampuan sains

Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal. (2013). Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Yrama Widya.

Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). The Effect Of Learning Model “Plan Do Review” On Science Capability Of Children In Kindergarten. Journal Of Advanced Research (IJAR), 6(12), 984-993.

Jumiatin, D. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 73-81.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015). Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014. Dirjen PAUDNI. Jakarta. (online).

http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-137-tahu-2014.pdf.

Komalasari, Kokom. (2011). Pembelajaran Kontekstual. Bandung: Refika Aditama.

Mariyana, Rita, Nugraha, Ali, dan Rachmawati, Yeni. (2010). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Kencana.

Muchlis, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Malang: Bumi Aksara

Papalia, Diane E., Old, Sally Wendkos., and Feldman, Ruth Duskin. (2010). Human Development (Psikologi Perkembangan). Diterjemahkan oleh A.K. Anwar. Jakarta: Kencana.

Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Suprijono, Agus. (2012). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syamsuardi, S. (2015). Oriented Learning Environment In The Context Of Eraly Childhood Education. Proceeding; International Confrerence for better life 2015.


Article Metrics

Abstract view : 642 times | PDF view : 96 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Igha Putri Kesuma; Parwoto Parwoto

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: [email protected] 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats