PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI PENGGUNAAN PERMAINAN KONSTRUKTIF PADA TAMAN KANAK-KANAK

Aspi Wulandari(1*), Muhammad Yusri Bachtiar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v5i1.19708

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan keterampilan motorik halus anak melalui penggunaan permainan konstruktif di kelompok B Taman Kanak-kanak Al-Ittihad Bonde Kabupaten Polewali Mandar? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas permainan konstruktif terhadap perkembangan motorik halus anak melalui kegiatan permainan konstruktif kelompok B Taman Kanak-kanak Al-Ittihad Bonde Kabupaten Polewali Mandar. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini berjumlah 17 anak dan 1 guru. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisi data yang digunakan yaitu analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik halus anak belum meningkat, pada siklus 1 pertemuan II sudah ada perubahan namun masih kurang kemampuan motorik halus belum mencapai standar yang ingin dicapai. Pada siklus II pertemuan I kemampuan motorik halus anak sudah mengalami peningkatan, siklus II pertemuan II sudah mengalami peningkatan dengan baik selain itu, guru dan aktifitas anak didik juga mengalami peningkatan dikategorikan SB (Sangat baik). Kesimpulan hasil penelitian yaitu peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui melalui penggunaan permainan konstruktif.

Keywords


Motorik halus, permainan konstruktif

Full Text:

PDF

References


Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosda Karya

Hurlock, E. B. (1996) perkembanganAnak Jilid 1. (Alih Bahasa: Meitasari Tjanadrasa) Jakarta: Penerbit Erlangga

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Rajagrafindo Persada.

Masitoh, dkk. 2005. Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak-kanak. Jakarta Depdiknas Dirjen Pendidikan Tinggi.

Mayke S. Tedjasputra. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Grasindo

Peraturan Menteri No. 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta

Santrock, John W. 1995. Life-Span Developmen. Jakarta: Erlangga

Seto Mulyadi. (2004). Bermain dan Kreativitas Upaya Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain. Jakarta: Papas Sinar Sinanti

Sujiono, Bambang. 2013. Metode Pengembangan Fisik. Banten: Universitas Terbuka.

Suharsimi Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rev.ed Jakarta: Rineka Cipta

Sumantri. 2005. Model pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Syamsuardi, S., & Hajerah, H. (2018). Penggunaan model pembelajaran pada taman kanak-kanak kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(2), 1-7.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Wiyani, N. A. 2014 Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Gava Media.


Article Metrics

Abstract view : 448 times | PDF view : 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Aspi Wulandari; Muhammad Yusri Bachtiar

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats