PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DENGAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5 - 6 TAHUN
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v7i1.19634
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Endang, B. Peningkatan Perkembangan Kognitif Melalui Penggunaan Puzzle Pada Anak Tk. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(2).
Febriyanti, C., Irawan, A., 2017. Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dengan pembelajaran matematika realistik. Delta-Pi J. Mat. Dan Pendidik. Mat. 6.
Fudyartanta, K., & dkk. (1987). Buku Ketaman Siswaan Untuk: Taman Madya, Taman Karya Madya dan Taman Guru Muda Taman Siswa. Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa.
Gunantara, G., Suarjana, I.M., Riastini, P.N., 2014. Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V. Mimb. PGSD Undiksha 2.
Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Haryanti. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 2 Jatiyoso Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta. UNS.
Haryoko, S., 2012. Efektivitas pemanfaatan media audio-visual sebagai alternatif optimalisasi model pembelajaran. J. Edukasi Elektro 5.
Herman, H., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Kognitif Anak Di Kelompok B2 Tk Aisyiyah Maccini Tengah. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(1), 35-43.
Hidayati, E.W., 2018. Penggunaan Media Puzzle Konstruksi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SDN Kemangsen II Krian. Indones. J. Islam. Educ. Stud. IJIES 1, 61–88.
Hidayati, V.O., 2014. Peningkatan pembelajaran bangun datar melalui media puzzle pada siswa Sekolah Dasar. J. Elem. Educ. 3, 51–56.
Jainuri, M., 2016. Kemampuan Pemecahan Masalah. Tersedia Httpswww Acad. Edu6942530KemampuanPemecahanMasalah.
Kristiana, I., Nurwahyunani, A., Dewi, E.R.S., 2017. Pengaruh Model Pembelajaran TGT Menggunakan Media Puzzle Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas VIII MTs N 1 Semarang. Bioma J. Ilm. Biol. 6.
Mukmin, B.A., 2016. Pengembangan Buku Ajar Ipa Berbasis Problem Solving Siswa Kelas V SD. J. Pendidik. Dan Pembelajaran Anak Sekol. Dasar 1.
Mulyatiningsih, E., 2016. Pengembangan Model Pembelajaran. Diakses Dari Httpstaff Uny Ac Idsites default files pengabdian dra-Endang-Mulyatiningsih-Mpd7cpengembangan-Model-Pembelajaran Pdf Pada Sept.
Noor, Juliansyah. 2011. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Nurdyansyah, N., Fahyuni, E.F., 2016. Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013. Nizamia Learning Center.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No.146 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas
Setyaningtyas, P., Wahyuningsih, S., Syamsuddin, M.M., n.d. Efektivitas Brain Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia 7, 244–256.
Sholihah, U., 2016. Membangun Metakognisi Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Taallum J. Pendidik. Islam 4, 83–100.
Sugiyono, S. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dan R&D.
Sulasmono, B.S., 2012. Problem solving: Signifikansi, pengertian, dan ragamnya. Satya Widya 28, 155–166.
Surur, M., Triyono, T., Handarini, D.M., 2016. Keefektifan Problem Solving Strategy (PSS) untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah pada siswa SMP. J. Pendidik. Teori Penelit. Dan Pengemb. 1, 2211–2219.
Suryastini, L.A., Wirya, N., Ujianti, P.R., Psi, S., 2014. Penerapan Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Puzzle Huruf untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa pada Anak TK. J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha 2.
Suwatra, I.W., Magta, M., Christiani, C.L.A., 2019. Pengaruh Media Busy Book Terhadap Kemampuan Problem Solving Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak. Mimb. Ilmu 24, 185–193.
Syaodih, E., Setiasih, O., Romadona, N.F., Handayani, H., 2018. Profil Keterampilan Pemecahan Masalah Anak Usia Dini Dalam Pembelajaran Proyek Di Taman Kanak-Kanak. J. Pendidik. Usia Dini 12, 29–36.
Utami, W.N., Waluya, S.B., Mashuri, M., 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Solving Berbasis Gallery Walk Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes J. Math. Educ. 3.
Utami, L. O., Utami, I. S., & Sarumpaet, N. (2017). Penerapan Metode Problem Solving Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain. Tunas Siliwangi , 175-180.
Vediasmari, P.A., Suarni, N.K., Magta, M., 2015. Penerapan Metode Problem Solving Berbantuan Media Maze Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak. J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha 3.
Article Metrics
Abstract view : 1159 times | PDF view : 274 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Badri Munawwirah; Parwoto Parwoto; Sitti Nurhidayah Ilyas
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Published by:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
Kerjasama:
Support by:
Email: jurnal.tematik@unm.ac.id
p-ISSN: 2476 - 9363
e-ISSN: 2723 - 7613
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats