PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MARIO
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14438
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. Jaiyaroh. Diniati, E. Khotimah, K. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya
Arikunto, Suharsimi dkk. 2010.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. Suhardjono & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Bugin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.
Dwilestari, N. 2013. Penelitian Kuantitatif PAUD. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Husain. 2012. Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Di MTs Kiayi Modjo Kecamatan Limboto Barat, (online)http://ejurnal.fip.ung.ac.id/index.php/PDG/article/viewFile/305/298.pdf, (diakses 12 Agustus 2016)
Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Munandar. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta.
Nugraha, A.2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Okpiyanto, T. Dkk 2014. Pengaruh Metode Discovery Terhadap kemampuan berpikir kreatif Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 Di SMPN 2 Sususkan (online)http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/5610/3/T1_202010024_Full%20text.pdf , (diakses 12 Agustus 2016)
Paizaluddin & Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 147 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (online)http://paud.ums.ac.id/wp content/uploads/2015/06/Permendikbud-No.-137-Tahun-2014-SN-PAUD.pdf (diakses 13 april 2016).
Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.
Rahman, Maarif. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung (online), Vol 3, No.1. http://scholar.google.co.id/scholar_url?url=http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/38/37&hl=id&sa=X&scisig=AAGBfm3FXEIolooX3nYlnETIgzXXwRQtkg&nossl=1&oi=scholarr&ved=0ahUKEwiIo9D37LrOAhUDNI8KHSxYD1IQgAMIGSgAMAA, (diakses 12 Agustus 2016)
Rahmawati & Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana.
Rahmalia. 2014. Efektivitas Discovery Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Kompetensi Dasar Analisis Rangkaian Kemagnetan Di SMK 1 Pundong, Skripsi Program Studi Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/ 20880/1/ Yuli%20 Rahmalia%2010501241032.pdf, (diakses 12 Agustus 2016).
Sujiono, Y. N. 2009. Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks
Suminah, E. Dkk. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susanto, Ahmad 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana
Suyanto, S. 2012. Pengenalan Sains Untuk Anak Tk Dengan Pendekatan Open Inquiry, Jurnal Edukid (online), http://staff.uny.ac.id/sitesdefault/files/PENGENALAN%20SAINS%20UNTUK%20ANAK%20TK(1).pdf, (diakses 24 februari 2016)
Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenemedia Group.
Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Penada Media Gr
Article Metrics
Abstract view : 1029 times | PDF view : 86 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Musdalifah Musdalifah; Muhammad Anas; Sadaruddin Sadaruddin
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Published by:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
Kerjasama:
Support by:
Email: jurnal.tematik@unm.ac.id
p-ISSN: 2476 - 9363
e-ISSN: 2723 - 7613
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats