PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE DISCOVERY PADA PEMBELAJARAN SAINS DI TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL MARIO

Musdalifah Musdalifah(1*), Muhammad Anas(2), Sadaruddin Sadaruddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Islam Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14438

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak dalam pembelajaran sains menggunakan metode discovery di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Mario. Berdasarkan permasalahan dilihat ketika anak mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya seperti menyebutkan macam-macam warna, mewarnai gambar bulan, menghubungkan gambar dengan kata, anak terlihat takut memulai kegiatan tersebut, anak masih meniru apa yang dicontohkan oleh gurunya, anak cenderung meminta bantuan guru untuk mengerjakan tugasnya, ada anak yang tidak mau mengerjakan tugasnya, ketakuatan dan kurang tertarik. Jenis penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini 15 anak didik dan 1 guru. Teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah kreativitas anak di kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Mario kecamatan Camba Kabupaten Maros telah mengalami peningkatan melalui pembelajaran sains mengunakan metode discovery

Keywords


Metode discovery, pembelajaran sains, kreativitas anak

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. Jaiyaroh. Diniati, E. Khotimah, K. (2009). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV. Yrama Widya

Arikunto, Suharsimi dkk. 2010.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. Suhardjono & Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Bugin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana.

Dwilestari, N. 2013. Penelitian Kuantitatif PAUD. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Husain. 2012. Penerapan Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadits Di MTs Kiayi Modjo Kecamatan Limboto Barat, (online)http://ejurnal.fip.ung.ac.id/index.php/PDG/article/viewFile/305/298.pdf, (diakses 12 Agustus 2016)

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyasa. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Munandar. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta. Rineka Cipta.

Nugraha, A.2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Okpiyanto, T. Dkk 2014. Pengaruh Metode Discovery Terhadap kemampuan berpikir kreatif Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015 Di SMPN 2 Sususkan (online)http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/5610/3/T1_202010024_Full%20text.pdf , (diakses 12 Agustus 2016)

Paizaluddin & Ermalinda. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Alfabeta.

Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 147 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (online)http://paud.ums.ac.id/wp content/uploads/2015/06/Permendikbud-No.-137-Tahun-2014-SN-PAUD.pdf (diakses 13 april 2016).

Putra, S. R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: Diva Press.

Rahman, Maarif. 2014. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa SMK Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat, Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung (online), Vol 3, No.1. http://scholar.google.co.id/scholar_url?url=http://ejournal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/38/37&hl=id&sa=X&scisig=AAGBfm3FXEIolooX3nYlnETIgzXXwRQtkg&nossl=1&oi=scholarr&ved=0ahUKEwiIo9D37LrOAhUDNI8KHSxYD1IQgAMIGSgAMAA, (diakses 12 Agustus 2016)

Rahmawati & Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta: Kencana.

Rahmalia. 2014. Efektivitas Discovery Learning Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Kompetensi Dasar Analisis Rangkaian Kemagnetan Di SMK 1 Pundong, Skripsi Program Studi Teknik Elektro Universitas Negeri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/ 20880/1/ Yuli%20 Rahmalia%2010501241032.pdf, (diakses 12 Agustus 2016).

Sujiono, Y. N. 2009. Metode Perkembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sujiono, Yuliani Nurani dan Bambang Sujiono.2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT Indeks

Suminah, E. Dkk. 2015. Pedoman Penilaian Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Susanto, Ahmad 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana

Suyanto, S. 2012. Pengenalan Sains Untuk Anak Tk Dengan Pendekatan Open Inquiry, Jurnal Edukid (online), http://staff.uny.ac.id/sitesdefault/files/PENGENALAN%20SAINS%20UNTUK%20ANAK%20TK(1).pdf, (diakses 24 februari 2016)

Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenemedia Group.

Sanjaya, Wina. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Penada Media Gr


Article Metrics

Abstract view : 1105 times | PDF view : 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Musdalifah Musdalifah; Muhammad Anas; Sadaruddin Sadaruddin

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats