PENINGKATAN KEMAMPUAN KINESTETIK MELALUI TARI KREASI TK TUNAS HARAPAN BATANG KECAMATAN BONTOTIRO KABUPATEN BULUKUMBA

Mimi Angraemi S(1*), Arifin Manggau(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14437

Abstract


Tujuan penelitian adalah mengetahui peningkatan kemampuan kinestetik anak melalui tari kreasi di kelompok B TK Tunas Harapan Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini didasarkan pada permasalahan yang diperoleh dimana masih banyak anak-anak yang merasa malu dan kurang percaya diri untuk bergerak atau menari sesuai irama lagu diajarkan dan kurang tertarik pada lagu-lagu yang didengarkan. Pendidikan lebih sering mengajari anak bernyanyi dan bermain musik sehingga anak kurang tertarik dengan gerak dan lagu yang diajarkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Reseach). Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B jumlah anak didik sebanyak 15 orang. Analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif untuk meningkatkan kemempuan kinestetik anak melalui tari kreasi. Hasil perhitungan di konsultasikan dalam tabel klasifikasi kategori dan presentase. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan tari kreasi dapat meningkatkan kemampuan kinestetik motorik anak kelompok B di TK Tunas Harapan Batang Kecamatan Bontotiro Kabupaten Bulukumba

Keywords


Kinestetik, tari kreasi, perkembangan motorik anak

Full Text:

PDF

References


Amti. 1992. Bimbingan Konseling. Jakarta: Depdikbud: PT. Proyek Pembimbing Pendidikan

Depdiknas. 2010. Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Depdiknas.

Fitriani. 2013. Peningkatan Kecerdasan Kinestetik Motorik Anak melalui Senam Berirama. Makassar: Skripsi Program S1 Universitas Negeri Makassar

Ferawati, Y. 2015. Pembelajaran Tari Kreasi Bungong jeumpa pada anak tunarungu Di SLB Negeri Semarang. Semarang: (skripsi).

Kemendikbud. 2013. Perkembangan Fisik Anak Didik. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar.

Kurikulum Taman Kanak-kanak: Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Sesuai Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini: 2010. Kementrian Pendidikan Nasional.

Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mutohir, Toho Cholik dan Gusril. 2004. Perkembangan Motorik Pada Masa Anak-anak. Jakarta: Depdiknas

Novan, Ardy Wiyani & Barnawi. 2013. Format Paud: Konsep, Karakteristik, & implementasi Pendidikan Anak Usia Dini. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Padalia, Andi. 2013. Studio Seni Tari. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Rochiati, Wiriatmadja. 2009. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdayarya.

Soedarsono. 1978. Pengantar Komposisi Tari. Yogyakarta: ASTI.

Sefrina, Andin. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Jakarta: Media Pressindo.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta Rineka Cipta.

Sugiono, Yuliani Nuraeni. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). Jakarta: PT Indeks

Syakhruni, Nurlina dkk. 2001. Menari. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anaka Usia Dini, Yogyakarta: Andi Offset.

Yaumi, Muhammad dkk. 2014. Action Reserch Teori, Model, dan Aplikasi. Jakarta: Kencana.

Yuningsih, Restu. 2015. Peningkatan Kecerdasan KInestetik Melalui Pembelajaran Gerak Tari Minang. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 285 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020



Diterbitkan oleh

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PGPAUD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar bekerja sama dengan Asosiasi PGPAUD Indonesia dan Perkumpulan Pengelola Jurnal (PPJ) PAUD Indonesia

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

 

View My Stats