PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI TAMAN KANAK-KANAK YUSTIKARINI KABUPATEN BANTAENG

Santi Santi(1*), Muhammad Yusri Bachtiar(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatkan kemampuan berhitung melalui permainan tradisional congklak di Taman Kanak-kanak Yustikarini Kabupaten Bantaeng. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas. Fokus penelitian ini adalah kemampuan berhitung anak dan permainan tradisional congklak. Subjek penelitian adalah guru dan anak didik kelompok B1dengan jumlah 6 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengelompokkan data aktivitas guru dan aktivitas anak. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa masih terdapat anak yang berada dalam kategori mulai berkembang dan belum berkembang. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan banyak anak yang masuk dalam kategori berkembang sangat baik dan berkembang sesuai harapan. Berdasarkan hasil analisis data diketehui bahwa terjadi peningkatan dan perkembangan kemampuan berhitung anak didik melalui permainan tradisional congklak dari siklus I dan siklus II

Keywords


Permainan tradisonal, berhitung, congklak

Full Text:

PDF

References


Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta

Emzir.2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo

Fajrin, O. R. (2015). Hubungan tingkat penggunaan teknologi mobile gadget dan eksistensi permainan tradisional pada anak sekolah dasar. Jurnal idea societa

Hernawati.2013. Kegiatan Permainan Congklak dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak pada Kelompok B di Taman Anak-Anak Azhara Monto Kabupaten Luwu utara. Universitas Negeri Makassar

Hidayani, Rini. 2015. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka

Husnawi Haris. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Makassar: FIP Universitas Negeri Makassar

Ismail Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media

Isnawati N. 2009. Membuat Anak Pintar Berhitung Hanya dalam 30 Hari. Jogjakarta. Grailmu

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Kurikilum 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Dirjen PAUDNI. Jakarta

Muliayani Novi. 2016. Super Asyik PermainanTradisional Anak Indonesia.Yogyakarta: DIVA Press

Oktriyanti Nova. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka. (Online). Vol 1 Nol 4.https://ejurnal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/download/1159/748

Rahmawati. 2014. Penerapan Metode Bermain Jari-JariTangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Tiroang. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Simanjuntak, Isnawati, dkk. 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: PT Rineka Cipta

Suharianti. 2011. Peningkatan Kemampuan Mengengal Angka Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka pada taman kanak-kanak pertiwi. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi Offset.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Kloang Klede Putra Timur dan Departemen Dalam Negeri


Article Metrics

Abstract view : 1823 times | PDF view : 233 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Santi Santi; Muhammad Yusri Bachtiar

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats