PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK DI TAMAN KANAK-KANAK YUSTIKARINI KABUPATEN BANTAENG
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.14436
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni
Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Renika Cipta
Emzir.2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo
Fajrin, O. R. (2015). Hubungan tingkat penggunaan teknologi mobile gadget dan eksistensi permainan tradisional pada anak sekolah dasar. Jurnal idea societa
Hernawati.2013. Kegiatan Permainan Congklak dapat Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak pada Kelompok B di Taman Anak-Anak Azhara Monto Kabupaten Luwu utara. Universitas Negeri Makassar
Hidayani, Rini. 2015. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka
Husnawi Haris. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Makassar: FIP Universitas Negeri Makassar
Ismail Andang. 2009. Education Games. Yogyakarta: Pro-U Media
Isnawati N. 2009. Membuat Anak Pintar Berhitung Hanya dalam 30 Hari. Jogjakarta. Grailmu
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Kurikilum 2013. Pendidikan Anak Usia Dini. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014. Dirjen PAUDNI. Jakarta
Muliayani Novi. 2016. Super Asyik PermainanTradisional Anak Indonesia.Yogyakarta: DIVA Press
Oktriyanti Nova. 2012. Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Lingkaran Angka. (Online). Vol 1 Nol 4.https://ejurnal.unilak.ac.id/index.php/paud-lectura/article/download/1159/748
Rahmawati. 2014. Penerapan Metode Bermain Jari-JariTangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan anak di Taman Kanak-Kanak Tiroang. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Simanjuntak, Isnawati, dkk. 1993. Metode Mengajar Matematika. Jakarta: PT Rineka Cipta
Suharianti. 2011. Peningkatan Kemampuan Mengengal Angka Melalui Kegiatan Bermain Kartu Angka pada taman kanak-kanak pertiwi. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Triharso, Agung. 2013. Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi Offset.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003.Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: PT Kloang Klede Putra Timur dan Departemen Dalam Negeri
Article Metrics
Abstract view : 1710 times | PDF view : 207 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Santi Santi; Muhammad Yusri Bachtiar
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Published by:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
Kerjasama:
Support by:
Email: jurnal.tematik@unm.ac.id
p-ISSN: 2476 - 9363
e-ISSN: 2723 - 7613
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats