PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI MEDIA PAPAN FLANEL ANGKA PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MENTARI BULOGADING KECAMATAN BONTONOMPO KABUPATEN GOWA

Reski Wahyuni(1*), Sukmawati Sukmawati(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.13205

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini melalui media papan flanel angka dan untuk mengetahui penggunaan media papan flanel angka dalam meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak kelompok A di TK Mentari Bulogading Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap pertemuan dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Mentari Bulogading Kabupaten Gowa dengan jumlah 13 orang anak, terdiri dari 6 anak laki-laki dan 7 anakperempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mengenal angka melalui media papan flanel angka. Dilihat dari hasil ketuntasan belajar anak didik pada pra tindakan dengan kriteria Belum Berkembang (BB), siklus I dengan nilai presentase (55,76%) meningkat sebesar (25,96%) dengan kriteria Mulai Berkembang (MB), dan siklus II dengan nilai prsentase (83,16%) meningkat sebesar (27,4%) dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Semua nilai pada Siklus II tersebut telah memenuhi target indikator keberhasilan, yaitu ≥80%


Keywords


Kemampuan Mengenal Angka, Media Papan Flanel Angka

Full Text:

PDF

References


Anggrayni, M., & Sari, A. M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka dengan Menggunakan Media Papan Flanel. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 22-28.

Anjani, K. S., Wirya, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2013). Penerapan Metode Bercerita Berbantuan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok A Di PAUD Pradnya Paramita. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 1(1).

Azizah, I. E. N. (2015). Pengembangan media papan flanel untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I sekolah dasar. Pengembangan media papan flanel untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan bilangan pada siswa kelas I sekolah dasar/Ika Elita Nur Azizah.

Cahyana, L. M. (2018). Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Papan Flanel di Taman Kanak-kanak Kasih Bunda Kampung Kalipapan Kecamatan Negeri Agung Kabupaten Way Kanan (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fadlillah, M, dkk. 2014. Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Hasanah, L., & Nurhasanah, A. (2018). Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Agapedia, 2(1), 12-22.

Mudlofir Ali & Evi Fatimatur Rosyidah. 2017. Desain Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT Raja Gravindo.

Nopayana, S., Rostika, D., & Ismail, M. H. (2015). Upava Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Beserta Lambang Bilangan pada Anak melalui Media Papan Flanel Modifikasi. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).

Sadiman Arief S. dkk. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suhada Idad. 2016. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.

Surya Mohammad. 2006. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Tri Adhiningsih, M. E. I. L. I. N. D. A. (2020). Pengaruh Media Papan Flanel Angka Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Kemala Bhayangkari 76 Babat-Lamongan. PAUD Teratai, 9(1).

Wahyuningsih, S. The Increasing of Language and Logic Mathematic Ability of Early Childhood Education Through Educative Tools “Papan Flanel Pintar” In the Kindergarten. Early Childhood Education and Development Journal, 1(1), 1-11.


Article Metrics

Abstract view : 2257 times | PDF view : 234 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Reski Wahyuni; Sukmawati Sukmawati

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats