PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK DI TK ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR

Tadzkirah Ira Zulkifli(1*),

(1) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.13042

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh bermain konstruktif terhadap kecerdasan visual spasial anak di TKIT Nurul Fikri Makassar. Penelitian ini dilihat dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Eksperimental Design dengan jenis disain penelitian adalah Posttest One Group Design. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan dilapangan, dokumentasi, wawancara dan data hasil bermain konstruktif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik tes. Analisis data dilakukan dengan menggunakan dua jenis data yang dikumpulkan peneliti yakni, data kuantitatif dan data kualitatif. Perencanaan pembelajaran disusun secara kolaboratif antara guru dan peneliti sebagai pedoman dalam melaksanakan bermain konstruktif di TK IT Nurul Fikri Makassar. Perencanaan kegiatan penelitian disusun 12 pertemuan. Tahap-tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran disesuaikan dengan skenario pembelajaran yang telah disusun seperti kegiatan awal, inti, dan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan konstruktif dapat meningkatkan kecerdasan visual spasial anak di TKIT Nurul Fikri Makassar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) bermain konstruktif merupakan permainan yang mengutamakan menstimulasi kecerdasan anak, khususnya kecerdasan visual spasial, 2) kecerdasan visual spasial anak setelah bermain konstruktif berada pada kategori sangat tinggi, 3) hasil analisis hipotesis menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kecerdasan visual spasial anak sebelum dan sesudah bermain konstruktif. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada pengaruh positif bermain konstruktif dalam meningkatkan kecerdasan anak.

Keywords


Konstruktif, visual dan spasial

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Abu, 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineke Cipta.

Arikunto, Suharsimin. 2003. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Agus Sujanto. 1988. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Aksara Baru.

Anggani Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidik Usia Dini. Jakarta: Grasindo.

Azwar, saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bafadal, Ibrahim. 2004. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Aksara.

Bahar, Nurni Firdausi. 2010. Pengaruh Permainan Deskriptif Terhdp peningkatan Kemampuan Bhs AUD di TK Islam Qalbin Salim mks. Tesis. Tdk diterbitkan. MKS: pps.

Barbara Prashning. 2007. The Power of Learning Styles. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Cambel. Et al. 2002. Multiple Intelligences. Alih Bahasa: Linda. dkk. Jakarta: Inisiasi Press.

Depdikbud. 1994a. Garis Besar Program Kegiatan Belajar TK. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu TK.

b. Landasan Program dan Pengembangan Kegiatan Belajar. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu TK.

Depdiknas. 2002a. “Tantangan yang Harus Dijawab” (3). Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini (hlm. 4). Jakarta: Diklusepa.

Panduan Pengelolaan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Proyek Peningkatan Manajemen TK dan SD.

. 2006. Pedoman Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup TK. Jakarta: Menteri Pendidikan Dasar & Menengah.

Kurikulum Standar Kompetensi 2004. Jakarta: Menteri Pendidikan Dasar & Menengah

Depend PLS. 2006. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pos Paud. Jakarta: PLS Pemuda & olahraga.

Djiwandono, Sri Esti. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Gardner, Howard. 2003. Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Interaksara.

Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hapidin. 2007. Manajemen Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hasan, Khalija. 1990. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hildayani, Rini. 2004. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.

Nasution, S.2007. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Mayke S. Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Garasindo.

Munif Chatib. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.

Padji. 1992. Meningkatkan Keterampilan Otak Anak. Bandung: Pioner Jaya.

Patmonodewo, Soemiarti. 2000. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Piaget, Jean. 2002. Dari A Sampai Z tentang Perkembangan Anak. Jakarta: Gaya Faforit

PPs-UNM. 2010. Pedoman Penyusunan Tesis/Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Makassar: PPs UNM Makassar.

Prianto, 2003. Perilaku Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kanisius.

Santoso. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Solahuddin Gazali. 2005. Delapan Jenis Kecerdasan dan Cara-Cara Mengembangkannya. Jakarta: Sarana Kinasij Satya Sejati.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.

Sugiyono. 2006. Metodelogi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

Sujana, Nana. 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru.


Article Metrics

Abstract view : 1252 times | PDF view : 196 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Tadzkirah Ira Zulkifli

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: jurnal.tematik@unm.ac.id 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats