PENGARUH BERMAIN KONSTRUKTIF TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK DI TK ISLAM TERPADU NURUL FIKRI MAKASSAR
(1) Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.13042
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi, Abu, 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineke Cipta.
Arikunto, Suharsimin. 2003. Manajemen Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.
Agus Sujanto. 1988. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Aksara Baru.
Anggani Sudono. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan untuk Pendidik Usia Dini. Jakarta: Grasindo.
Azwar, saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bafadal, Ibrahim. 2004. Dasar-dasar Manajemen dan Supervisi Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Bumi Aksara.
Bahar, Nurni Firdausi. 2010. Pengaruh Permainan Deskriptif Terhdp peningkatan Kemampuan Bhs AUD di TK Islam Qalbin Salim mks. Tesis. Tdk diterbitkan. MKS: pps.
Barbara Prashning. 2007. The Power of Learning Styles. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.
Cambel. Et al. 2002. Multiple Intelligences. Alih Bahasa: Linda. dkk. Jakarta: Inisiasi Press.
Depdikbud. 1994a. Garis Besar Program Kegiatan Belajar TK. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu TK.
b. Landasan Program dan Pengembangan Kegiatan Belajar. Jakarta: Proyek Peningkatan Mutu TK.
Depdiknas. 2002a. “Tantangan yang Harus Dijawab” (3). Jurnal Ilmiah Anak Usia Dini (hlm. 4). Jakarta: Diklusepa.
Panduan Pengelolaan Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Proyek Peningkatan Manajemen TK dan SD.
. 2006. Pedoman Pendidikan Berorientasi Kecakapan Hidup TK. Jakarta: Menteri Pendidikan Dasar & Menengah.
Kurikulum Standar Kompetensi 2004. Jakarta: Menteri Pendidikan Dasar & Menengah
Depend PLS. 2006. Pedoman Teknis Penyelenggaraan Pos Paud. Jakarta: PLS Pemuda & olahraga.
Djiwandono, Sri Esti. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Gardner, Howard. 2003. Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Interaksara.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hapidin. 2007. Manajemen Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hasan, Khalija. 1990. Dimensi-Dimensi Psikologi Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hildayani, Rini. 2004. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Kartono, Kartini. 1995. Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju.
Nasution, S.2007. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.
Mayke S. Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan dan Permainan. Jakarta: Garasindo.
Munif Chatib. 2009. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa Mizan Pustaka.
Padji. 1992. Meningkatkan Keterampilan Otak Anak. Bandung: Pioner Jaya.
Patmonodewo, Soemiarti. 2000. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Piaget, Jean. 2002. Dari A Sampai Z tentang Perkembangan Anak. Jakarta: Gaya Faforit
PPs-UNM. 2010. Pedoman Penyusunan Tesis/Disertasi Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Makassar: PPs UNM Makassar.
Prianto, 2003. Perilaku Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kanisius.
Santoso. 2005. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Solahuddin Gazali. 2005. Delapan Jenis Kecerdasan dan Cara-Cara Mengembangkannya. Jakarta: Sarana Kinasij Satya Sejati.
Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo Persada.
Sugiyono. 2006. Metodelogi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sujana, Nana. 1998. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru.
Article Metrics
Abstract view : 1196 times | PDF view : 191 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tadzkirah Ira Zulkifli
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Published by:
Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar
Kerjasama:
Support by:
Email: jurnal.tematik@unm.ac.id
p-ISSN: 2476 - 9363
e-ISSN: 2723 - 7613
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View My Stats