MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA INGGRIS ANAK DI TK TERATAI UNM MAKASSAR

Ratri Eka Noor Mustari(1*), Tasrif Akib(2), Nur Alim Amri(3),

(1) Universitas Muahammadiyah Makassar
(2) Universitas Muhammadiyah Makassar
(3) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tematik.v6i1.13008

Abstract


Masalah utama dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris kelompok B di TK Teratai UNM Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu kata bergambar terhadap penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B di TK Teratai UNM Makassar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen pre-experimental design (nondesign) dengan desain One Group Pretest-Posttest. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan kosakata bahasa Inggris anak kelompok B Taman Kanak-Kanak Teratai UNM Makassar di mana pada bagian test statistics menunjukkan hasil uji Wilcoxon, yang diperoleh perhitungan dengan nilai Asymp Sig. (2-tailed) 0,000 (p<0,05), dengan demikian Ho ditolak. Artinya, ada pengaruhpenerapan metode pembelajaran dengan menggunakan media kartu kata berpengaruh terhadap penguasaan kosakata pada anak khusunya di TK Teratai UNM Makassar. 

Keywords


Kartu kata, kosakata, bahasa

Full Text:

PDF

References


Dhieni, Nurbiana, dkk. 2011. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Fajriyah, Inayatul. 2013. Peningkatan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Kartu Gambar Pada Siswa Kelas II SD Muhammadiyah Purwodinigratan 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, Ikmala Yunita. 2012. Upaya Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Anak Melalui Media Kartu Gambar (Flash Card) Pada Kelompok B di RA Barokah Klodran Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Naskah Publikasi.

Nugraha, Nur Rahma Skripsi. 2017. Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Bahasa Inggris Anak Kelompok B di PAUD Inarah Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Prasetyaningsih, Rafiqah. 2013. Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Bermain Gambar Pada Kelompok B PAUD Kuncup Mekar Wiro Bayat Klaten. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahman, Fatma Kurnia. 2015. Pengaruh Kartu Kata Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal III Bandar Lampung Tahun Ajaran 2014/2015. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Rahmat, Pupu Saeful dan Tuty Heryani. 2014. Pengaruh Media Kartu Kata Terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosa Kata. Forum Penelitian.

Santrock, John W. 2011. Life Span Development. Jakarta Timur: Erlangga. Siantayani, Yulianti. 2011. Persiapan Membaca Bagi Balita. Yogyakarta: CV Solusi Distribusi.

Ssurvurviani, Istanti, dkk. 2004. 20 Point Penting dalam Menghias jiwa dan Perilaku Anak. Bandung: Pustaka Ulumuddin.

Susanto, Ahmad. 2012 Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zaman, Badru, dkk. 2011. Media dan Sumber Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.

Amri, N. A., & Intisari, I. (2019). Pretend Play Sebagai Dasar Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 3(1), 36-42.


Article Metrics

Abstract view : 1345 times | PDF view : 76 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ratri Eka Noor Mustari; Tasrif Akib; Nur Alim Amri

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Published by:

Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar

Kerjasama:

  

Support by:

    

Email: [email protected] 

p-ISSN: 2476 - 9363

e-ISSN: 2723 - 7613

Creative Commons License
TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

View My Stats