Kondisi Drainase Perkotaan Dikaitkan Perubahan Iklim Lingkungan Di Kota Makassar

M Reza Hasrul(1*), Dea Putri Sabila.R(2), Rini Ridwan(3), Gilang Ramadan(4),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author



Abstract


Kota Makassar Diapit oleh dua sungai besar yaitu sungai tallo dan sungai jeneberang dan kondisi topograpinya datar. Hal tersebut menyebabkan Kota Makassar rawan terjadi banjir khususnya pada musim hujan. Perubahan iklim dapat mempengaruhi pola curah hujan dan setiap perubahan pola curah hujan akan berdampak pada aliran sungai. Hal tersebut menjadi faktor penting dalam menentukan jumlah air yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan, seperti pertanian, industri, pembangkit listrik, peternakan dan pasokan air rumah tangga yang secara menyeluruh dapat mempengaruhi perekonomian.Strategi penanganan drainase perkotaan yang berbasis perubahan iklim, seperti perencanaan tata ruang yang berkelanjutan, pengelolaan air hujan terpadu, dan penggunaan teknologi ramah lingkungan, diperlukan untuk mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim dan memperbaiki kondisi drainase perkotaan.

Kata Kunci: Makassar, Drainase, Perubahan Iklim. 

Full Text:

PDF

References


AZMY, Muhammad Fathien; SUTOPO, Yashinta; MANTONG, Ranthy. Penataan Drainase dengan Penekanan Evaluasi Zona Drainase di Kecamatan Ujung Pandang, Makassar. In: Drainage Management with Emphasis on Evaluation of Drainage Zones in Ujung Pandang District, Makassar), Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Sains dan Teknologi ke-4. 2018.

Malino, Chaterina R., et al. "Analisis Parameter Curah Hujan dan Suhu Udara di Kota Makassar Terkait Fenomena Perubahan Iklim." Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, vol. 17, no. 2, 2021, pp. 139-145,

RAUF, Syafruddin; ZUBAIR, Achmad; SAMANG, Lawalenna. PEMETAAN KONDISI FISIK JALAN DAN DRAINASE ZONA-2 KOTA MAKASSAR BERBASIS GIS OPEN SOURCE KOTA MAKASSAR, PROVINSI SULAWESI SELATAN.

.


Article Metrics

Abstract view : 157 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.