MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS INTERAKTIF PICTIONARY

Muhammad Iqbal Ardiansyah Ukkas(1*), Dian Cahyadi(2), Nurabdiansyah Nurabdiansyah(3),

(1) Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(2) Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(3) Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v6i1.9949

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sebuah rancangan Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pictionary untuk Taman kanak-kanak.Konsep media pembelajaran interaktif ini ialah memperkenalkan anak-anak kosa kata Bahasa Inggris sedini mungkin.Materi disusun berdasarkan data yang diperoleh dari buku dan fasilitas internet (Studi pustaka), hasil wawancara langsung dari Taman Kanak-kanak Islam Biringkanaya Jl. Bukit Bontoloe Raya; Observasi pada lokasi serta Dokumentasi, perancangan media pembelajaran ini diharapkan mampu (1) dapat membantu anak di Taman Kanak-Kanak untuk mengenali Bahasa Inggris sedini mungkin (2) meningkatkan kemampuan anak-anak dalam mengingat kosa kata Bahasa Inggris (3) Menciptakan media pembelajaran yang bisa memudahkan guru dalam mengajarkan anak-anak Bahasa Inggris.


Keywords


media pembelajaran, anak-anak, bahasa inggris.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Siti. 2011. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Arby, Suharyanto. 2013. Pengaruh warna pada psikologi anak dari Dosen psikologi:https://dosenpsikologi.com/pengaruh-warna-pada psikologi-anak

Andry, Koniho dan Kusrini 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi. Jakarta: ELIB UNIKOM.

Arifin, Irfan, Dian Cahyadi, Abdul Azis Said. 2017. Perancangan Media Pembelajaran. Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Arsyad, A. (2002) Media Pembelajaran edisi 1.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Asnawir, M. Basyiruddin. 2002 Media Pembelajaran Jakarta: Ciputat Pers.

Hartati, Sri. 2010. Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran TK. UNP.

Helmiah, Fauriatun dan Hardianti, Cici. 2017. Perancangan Media Interaktif Kumpulan Doa Untuk Anak Usia Dini Berbasis Multimedia. Kisaran: Jl. Imam Bonjol No. 179

Irfan, Nurabdiansyah. 2014. Karakteristik Tipografi pada Desain Iklan Komersial Majalah Makassar terkini edisi Januari-Desember, Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Ladjamudin, Al-Bahra Bin. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lenneberg, E. H. 1967. Biological Foundation of Language.

Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Masitoh, dkk. 2005 Strategi Pembelajaran TK. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Munir. 2012. Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Prof Dr. Wina M,Pd 2012. Klasifikasi Media Jakarta: Kencana prenada media group.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Laksana.

Taggiling, Nur Alfa. 2017. Perancangan media pembelajaran pengenalan nama buah dan hewan dalam bahasa inggris bahasa bugis dan bahasa indonesia bagi anak usia dini. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Uno, Hamzah B. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widijantie, Nunung. 2012. Pentingnya Pembelajaran bahasa inggris sejak Usia Dini (Jakarta)

Oktafiani, Rini. 2015. Perancangan media interaktif pengenalan alat musik tradisional dan modern anak usia 4-6 tahun. Bandung: Desain Komunikasi Visual Universitas Bina Sarana Informatika. Jln. Cisitu lama no. 12/160d dago.

Mashar, Riana. 2011. Emosi Anak Usia Dini dan Strategi Pengembangannya Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nainggolan, Sri Yanti. 2018. Pentingnya memiliki kemampuan berbahasa di usia dini dari Metrotvnews: http://rona.metrotvnews.com/keluarga/ob3V0Z0N-pentingnya-memiliki kemampuan-berbahasa-di-usia-dini/

Dessyanti, 2009. Prinsip-prinsip pembelajaran anak dari Metrotvnews: http://edukasi.kompasiana.com/2009/12/29/prinsip-prinsip-pembelajaran-anak/


Article Metrics

Abstract view : 876 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2019 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh