KESESUAIAN ANTARA MATERI PEMBELAJARAN DENGAN KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (SENI RUPA) KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANETE RIAJA KABUPATEN BARRU

Vivi Fitriana K.(1*), Abdul Aziz Ahmad,(2), Hasnawati Hasnawati(3),

(1) Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(2) Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v5i2.7140

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah kesesuaian antara materi pembelajaran dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian dalam RPP semester genap pada kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja yang dilaksanakan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian antara materi pembelajaran dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian dalam RPP semester genap yang dikembangkan oleh guru. Jenis penelitian ini adalah analisis isi (content) pada taraf penelitian deskriptif-kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran yang dipersiapkan oleh guru seni budaya (seni rupa) kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan teknik purpossive sampling. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data pada penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu menyesuaikan dan menggambarkan keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi pembelajaran telah sesuai dengan kompetensi dasar dan indikator dalam rencana pelaksanaan pembelajaran semester genap pencapaian di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Materi pembelajaran dalam rencana pelaksanaan pembelajaran hanya dituliskan pokok-pokok materi saja tanpa dicantumkan materi ajar yang lengkap. Serta terdapat kekeliruan yakni alokasi waktu yang ditetapkan tidak cukup dalam mengajarkan materi penerapan ragam hias pada bahan keras.

 


Keywords


Kompatibilitas, bahan pembelajaran, kompetensi, prestasi, kelas seni

Full Text:

PDF

References


Anwar. Harmi Kasful dan Hendra. 2011. Perencanaan Sistem Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

B, Hamzah. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dimyati dan Mudjiono. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Haling, Abdul. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Haling, Abdul. Abdul Salam dan Arnidah. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Moeliono, Anton M,. dkk. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Nasution, S. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Pangewa, Maharuddin. 2010. Perencanaan Pembelajaran (Suatu Standar Kompetensi Pedagodik Bagi Guru). Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Rusman. 2016. Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukmara, Dian. 2007. Implementasi Life Skill dalam KTSP melalui Model Manajemen Potensial Qodrati. Bandung: CV. Mughni Sejahtera.

Jamaluddin, Noor. Pengertian Guru. http://noorjamaluddin.blogspot.com/1978:1/ artikel-tentang-pengertian-guru.html. Diakses pada tanggal 22 Desember 2016.

Suhadi. Pengertian Perangkat Pembelajaran. http://suhadi.blogspot.com/2007 :24/artikel-tentang-pengertian-perangkat-pembelajaran.html. Diakses pada tanggal 24 Desember 2016.

https://googleweblight.com/artikel-tentang-sejarah-tujuan-dan-tahapan-analisis-isi. Diakses pada tanggal 24 Mei 2018.


Article Metrics

Abstract view : 396 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2018 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh