Perancangan Iklan Layanan Masyarakat “Pencegahan Minuman Beralkohol Sebagai Lifestyle Bagi Kalangan Remaja Di Jawa Tengah”

Maura Adistya Rahima(1*), Daniar Wikan Setyanto(2),

(1) DKV Udinus Semarang
(2) DKV Udinus Semarang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v11i2.59713

Abstract


Alkohol merupakan senyawa organik dengan gugus fungsi hidroksil yang sering dikonsumsi melalui minuman. Konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko kesehatan, seperti ketergantungan, sirosis, kanker, dan luka-luka. Isu konsumsi minuman beralkohol pada remaja menjadi perhatian khusus karena dapat berdampak negatif terhadap kesehatan dan mendapat reaksi negatif dari masyarakat. Faktor-faktor seperti lingkungan, genetik, dan masalah remaja dapat mempengaruhi konsumsi alkohol pada remaja. Survey menunjukkan tingginya angka konsumsi minuman beralkohol di kalangan remaja, terutama disebabkan oleh faktor pergaulan. Permasalahan ini memerlukan penanganan serius, dengan salah satu solusi potensial melalui iklan layanan masyarakat. Penelitian ini merumuskan masalah tentang merancang poster iklan layanan masyarakat yang komunikatif dan informatif untuk edukasi pencegahan konsumsi minuman beralkohol pada remaja di Jawa Tengah melalui media sosial Instagram. Tujuannya adalah menghasilkan desain poster yang bermanfaat sebagai upaya pencegahan konsumsi minuman beralkohol pada remaja. Poster ini akan disebarluaskan melalui Instagram, dipilih karena merupakan platform populer di kalangan remaja.


Keywords


Media sosial, iklan layanan masyarakat, alkohol, remaja, iklan edukasi

Full Text:

PDF

References


Liana, L. T. W., & Adolf, L. L. (2019). Penyalahgunaan Konsumsi Alkohol Pada Minuman Keras Bagi Remaja Terhadap Kesehatan. STIKes Surya Mitra Husada, 9

Sandi, Y. D. L., Hidayati, L. N., & Andarini, E. (2020). Motivasi Sosial Konsumsi Alkohol Pada Remaja. Jurnal Penelitian Keperawatan, 6(2), 81–85. https://doi.org/10.32660/jpk.v6i2.484

Nursya’baana, N. L., Kristiana, N., & Patria, A. S. (2021). Perancangan-Iklan-Layanan-Masyarakat-Mencuci-Tangan-Sebagai-Upaya-Tanggap-Covid-19-Nisa-Laili-Nursyabaana (1). Prosiding Serenade, 1, 163–169. https://serenade.ukdw.ac.id/index.php/serenade/article/view/28

Wijaya, R. P., Suhartono, A. W., & Sutopo, A. R. (2016). Fenomena Budaya Konsumtif Pada Udin, N. (n.d.). MENGKRITISI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ( ILM ) KITA PEMBAHASAN Nasehat Menjadi Efektif. 9, 1467–1473.

Remaja. Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, 1(8), 1–10.

Udin, N. (n.d.). MENGKRITISI IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ( ILM ) KITA PEMBAHASAN Nasehat Menjadi Efektif. 9, 1467–1473.

Maryani, D., Wijayanti, A., & Raditya, A. (2020). Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Untuk Orang Berusia 18-25 Tahun Agar Kritis Dalam Menerima. Jurnal DKV Adiwarna, 1, 1–9.


Article Metrics

Abstract view : 302 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2024 Tanra: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni Dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh