MUDAHNYA BELAJAR MENGGAMBAR BAGI GURU DAN SISWA DI SEKOLAH DASAR MINASA UPA MAKASSAR

Benny Subiantoro(1*), Muhammad Saleh Husain(2), Dian Cahyadi(3),

(1) Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain UNM
(2) Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain UNM
(3) Program Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni dan Desain UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v4i3.4860

Abstract


Proses pembelajaran Pendidikan seni rupa sebagai usaha mencapai tujuan pendidikan berlangsung dalam suatu proses pembelajaran untuk mengalihkan pengetahuan yang erat dengan kandungan estetika, artistik, sikap dan keterampilan terhadap peserta didik di Sekolah Dasar. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan dan menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, fungsi berbagai media pembelajaran, hakikat yang dicapai bagi siswa setelah belajar mengikuti proses belajar mengajar, mengembangkan kreativitas penciptaan berkarya seni rupa terhadap siswa, mengapresiasi hasil karya siswa, memperagakan proses penggarapan berkarya seni rupa oleh guru kesenian (seni rupa) dan  dilihat langsung oleh siswa- siswa, mengembangkan kreativitas, serta mengapresiasi karya siswa. Artikel ini merupakan sajian opini dan penggambaran terhadap keadaan proses belajar pendidikan seni di Sekolah Dasar yang diperoleh dengan hasil observasi yang kemudian dievaluasi sesuai cerminan dari tujuan penulisan artikel ini.

--------------------------

The process of learning art education as an effort to achieve the purpose of education takes place in a learning process to transfer knowledge closely with the content of aesthetics, artistic, attitude, and skills to learners in elementary school. The purpose of writing this article is to describe and explain the goals to be achieved, the function of various learning media, the nature achieved for students after learning to follow the process of teaching and learning, develop creativity of creating artworks to students, appreciate students' work, demonstrate the process of cultivating artwork by art teachers (visual art) and seen directly by students, develop creativity, and appreciate students' work. This article is a presentation of opinions and depictions of the state of the art education process in elementary school obtained with the results of observations which are then evaluated according to the reflection of the purpose of writing this article.


Keywords


belajar gambar, guru dan murid, Sekolah Dasar.

Full Text:

XML

References


Adjat Sakri, 1990, Pendidikan Seni Rupa : Buku Guru Sekolah Menengah Atas, penerbitDepartemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Arief S.Sadiman, dkk, 1986, Media Pendidikan, Penerbit CV. Rajawali, Jakarta

Iskandar, Popo, Alam Pikiran Seniman, Aksara Indonesia, Jakarta, 2000

Read, Herbert, Seni: Arti dan Problematiknya, Duta Wacana University Press, Yogyakarta, 2000.

Read, Herbert, Pengertian Seni, Terjemahan Soedarso Sp., Sekolah Tinggi Seni Rupa Indonesia Yogyakarta, 1973

Trini Prasasti, dkk, 2001, Media Sederhana, Penerbit Pusat antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta

M. Zainuddin, 2001, Praktikum, Penerbit Pusat antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Said, A. A., Cahyadi, D., & Arifin, I. (2017). Perancangan Media Pembelajaran.

Salam, Sofyan, Seni Rupa Mimesis dan Modern/Kontemporer di Sulawesi Selatan (Sebuah Pengantar Tentang Perjalanan dan Persoalannya), DKSS Makassar, Makassar, 2000

Soedarso Sp., Tinjauan Seni: Sebuah Pengantar Untuk Apresiasi Seni, Suku Dayar Sana Yogyakarta, 1980

Subiantoro, Benny, 2002. “Metode Penciptaan seni membangkitkan Kreasi- Inovasi- Imajinasi dan Interpretasi”, Tugas Mata Kuliah: Metode Penciptaan Seni Program Pascasarjana Penciptaan Seni Institut Seni Indonesia Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 231 times | XML view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2017 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh