VIDEO ANIMASI 2 DIMENSI TENTANG BANK SAMPAH PADA KOTA DENPASAR

I Made Marthana Yusa(1*), I Putu Ari Kurniawan(2),

(1) STIMIK STIKOM INDONESIA DENPASAR
(2) STIMIK STIKOM INDONESIA DENPASAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v4i3.4859

Abstract


Bila tidak dikelola dengan baik, sampah akan menjadi salah satu permasalahan di pemukiman padat penduduk seperti Kota Denpasar. Sampah menyebabkan kerusakan ekologi lingkungan, bencana alam, bahkan mendatangkan wabah penyakit bagi penduduk. Dampak negatif sampah tersebut memberikan pandangan ke masyarakat bahwa sampah hanya memiliki nilai yang buruk. Namun, jika sampah dapat dikelola dengan baik dan benar―difasilitasi oleh Bank Sampah yang tersebar di kota Denpasar―hasil olah sampah dapat memberikan nilai ekonomis bagi nasabah Bank Sampah. Pengetahuan ini yang seharusnya disebarkan dan dipahami oleh masyarakat, agar menjadi motivasi sosial dan ekonomi bagi masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak negatif sampah. Pada penelitian ini dilakukan perancangan sebuah video iklan layanan masyarakat tentang Bank Sampah pada Kota Denpasar berbasis animasi 2 dimensi. Animasi 2 dimensi dipilih oleh penulis karena memiliki kelebihan dalam menyampaikan serta menjelaskan informasi yang rumit menjadi wujud yang lebih sederhana dalam bentuk media visual serta audio. Dari hasil penelitian dan analisis dalam perancangan video tersebut, didapatkan data bahwa masyarakat memberikan respon yang baik terhadap video iklan layanan masyarakat berbasis animasi 2 dimensi tersebut, baik dari segi penyampaian informasi, maupun segi desain visual dari video tentang Bank Sampah pada Kota Denpasar.

 ----------------

If not managed properly, garbage will become one of the problems in densely populated settlements such as Denpasar City. Garbage causes environmental ecological damage, natural disasters, and even bring disease outbreaks for residents. The negative impact of such waste gives a view to the community that the waste only has a bad impact. However, if garbage can be managed well and properly-facilitated by Bank Sampah spread in Denpasar city-result of garbage management can give economic value for customer of Bank Sampah. This knowledge should be disseminated and understood by the community, to be a social and economic motivation for the community to participate in the prevention and mitigation of the negative impact of waste and garbage. In this research, the design of a public service video about Bank Sampah in Denpasar City based on 2 dimensional animation. 2-dimensional animation is chosen by the authors because it has advantages in conveying and explaining complicated information into a simpler form in the form of audio and visual media. From the results of research and analysis in the design of the video, the data obtained that the community provide good response to video advertising service based on 2 dimensional animation, both in terms of information delivery, as well as visual design of video about Bank Sampah in Denpasar.


Keywords


Bank Sampah, Denpasar, Animasi 2D, Iklan Layanan Masyarakat

Full Text:

XML

References


. Utami, E. (2013). Buku Panduan Sistem Bank Sampah & 10 Kisah Sukses. Yayasan Unilever Indonesia.

. Furniss, M. (1998). Art in motion: animation aesthetics. Indiana university press.

. Restiawati, O. (2015) Peranan Bank Sampah Melati Bersih dalam Mengurangi Sampah Plastik di Perumahan Puri Bintaro Hijau Pondok Aren Tangerang Selatan. Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

. Bachtiar, H. (2015). Pengembangan Bank Sampah Sebagai Bentuk Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah (Studi Pada Koperasi Bank Sampah Malang). Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 128-133.

. Yusa, I. M. M., & Saputra, I. P. S. (2016). Pemanfaatan Animasi 2 Dimensi Model Infografik dalam Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Denpasar. JURNAL NASIONAL PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA (JANAPATI), 5(1), 1-10.

. Manulang, S. (2004). Video Profil Untuk Perusahaan. Jakarta : Grasindo.

. Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : CV.Andi Offset.

. Sugihartono, R. A. (2010). Animasi Kartun : Dari Analog Sampai Digital. Jakarta : Indeks.

. Yusa, I. M. M. (2016) Sinergi Sains, Teknologi Dan Seni : Dalam Proses Berkarya Kreatif Di Dunia Teknologi Informasi. STIMIK STIKOM INDONESIA.

. Nugroho (2008). Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta : Andi.

. Anggraini, L dan Nathalia, K. (2014). Desain Komunikasi Visual “Dasar-dasar Panduan untuk Pemula”. Bandung : Nuansa Cendekia.

. Suwerda, B. (2012). Bank Sampah (Kajian Teori dan Penerapan). Yogyakarta : Pustaka Rihama.

. Sekaran, U. (2007). Research Method For Business (Metodologi Penelitian Untuk Bisnis), Edisi 4. Jakarta: Salemba 4.


Article Metrics

Abstract view : 1072 times | XML view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2017 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh