Pengembangan Media Informasi Objek Pamer Museum Kupu-Kupu Kwa Bantimurung Maros Berbasis Argumented Reality Bagi Wisatawan Remaja

Bilyan Putra Sari Putra Sari(1*), Niken Savitri Anggraeni(2),

(1) Universitas Ciputra
(2) Universitas Ciputra
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i1.39451

Abstract


Pemanfaatan media informasi berbasis media digital pada museum zaman modern saat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung terlebih bagi museum yang menghadirkan media informasi menggunakan sentuhan teknologi digital. Ada berbagai macam media informasi berbasis teknologi saat ini yang dapat kita temui ketika mengunjungi museum. Di sisi lain, citra museum di masyarakat khususnya bagi museum yang dikelola oleh pemerintah memiliki kualitas yang kurang memadai baik dari segi penyajian informasi hingga tata letak penyajian objek pamer. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk menghadirkan sebuah sarana media informasi yang menarik, informatif dan memberikan sebuah pengalamanbaru bagi pengunjung museum kupu-kupu KWA Bantimurung Maros terkhususnya bagi pengunjung usia remaja. Pada penelitian ini digunakan metode kualitatif dengan shortan design thinking yang akan digunakan untuk siasat dalam merancang produk yang menjadi solusi terhadap masalah yang telah didapatkan. Pada metode ini akan menjadi pusat atau fokus utama adalah pengguna akhir dari hasil perancangan/desain atas solusi tersebut. Melalui perancangan ini, salah satu media informasi yang memberikan pemahaman dan pengalaman baru ditemukan bagi pengunjung Museum Kupu-kupu KWA Bantimurung dalam mendapatkan sebuah informasi terhadap koleksi/objek pamer yang dihadirkan pada museum.

Keywords


Augmented Reality, Display Interaktif, Museum, Remaja, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Andriana, F., Gunawan, I. V., & Santoso, M. E. (2019). FAKTOR DAYA TARIK DISPLAY INTERAKTIF TERHADAP PENGUNJUNG DI MUSEUM OCEAN WORLD TRANS STUDIO BANDUNG. AKSEN, Vol.3.

Irdana, N., & Kumarawarman, S. (2018). KONSEP PENATAAN KOLEKSI MUSEUM UNTUK MEMPERMUDAH PEMAHAMAN WISATAWAN DALAM WISATA EDUKASI ARSIP DAN KOLEKSI PERBANKAN DI MUSEUM BANK MANDIRI JAKARTA. Diplomatika, 4.

Patendean, Y. R., & Indrajit, P. E. (2020). Digital Transformation. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rohmah, M. (2019, 12 03). Teknologi dan Remaja. Retrieved 03 11, 2021, from www.qureta.com: https://www.qureta.com/post/teknologi-dan-remaja

Subikshu, I. B., & Utama, G. B. (2018). DAYA TARIK WISATA MUSEUM. Yogyakarta: Penernit Deepublish.

Yuwono, A., & Indrajit, P. E. (2020). Pengantar Konsep Dasar Design Thinking. Yogyakarta: Penerbit ANDI.


Article Metrics

Abstract view : 135 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh