PENGARUH WARNA DAN JARAK SOSIAL PADA PEMBATAS ANTRIAN TERHADAP PERSEPSI WASPADA PENGUNJUNG DI AREA KASIR DIMASA PANDEMI

Andrianto Andrianto(1*), Chris Chalik(2),

(1) Telkom University
(2) Telkom University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i3.38169

Abstract


Dimasa New Normal pembatas dan jarak sosial di area kasir sangat dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kewaspadaan pengunjung saat mengantri agar tetap berada dalam jarak aman. Pada penelitian sebelumnya, variabel yang dianggap relevan dalam meningkatkan kewaspadaan dilakukan secara terpisah, untuk itu penelitian ini dilakukan dengan cara  mengkombinasikan variabel yang dapat meningkatkan kewaspadaan pengunjung saat mengantri di area kasir. Metode eksperimen melibatkan 20 responden untuk menilai sekaligus menguji kombinasi variabel warna pada pembatas antrian dan jarak sosial antara pembatas yang satu dan yang lainnya yang dianggap paling signifikan dalam meningkatkan kewaspadaan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kombinasi variabel warna merah pada pembatas antrian dan jarak sosial 3 meter antar pembatas antrian yang dianggap paling dapat mempengaruhi persepsi waspada pengunjung saat mengantri di area kasir. Hal ini dibuktikan kombinasi variabel ini menunjukkan respon yang paling positif diantara kombinasi variabel lainnya.


Keywords


Kasir, Pembatas Antrian, dan Jarak Sosial

Full Text:

PDF

References


Bitner, MJ. 1992. Servicescapes: The Impact of Physical Surroundings on Customer and Employees. Jurnal of Marketing 56, April, 57-71.

Carmona, et al. 2003. Public places–urban spaces, the dimension of urban design. Architectural press.

Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Drs. (2005) Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta.

Hidayah, et al. (1996). Sikap budaya antri masyarakat yogyakarta. Jakarta: CV. BUPARA Nugraha.

Hidayati Nur dan Pusari Ratna Wahyu. 2019. Budaya Antri Sebagai Pembangun Karakter Menghargai Hak Orang Lain. Seminar Nasional PAUD,. 136-141.

Laurens, Joyce M. 2004. Arsitektur dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT Grasindo.

Pile, John. (1995). Interior Design. New York: Harry N. Abrams Inc.

Setiadi, N.J. 2003. Perilaku Konsumen : Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta : Kencana.

Setiawan, A. R. (2020). Lembar Kegiatan Literasi Saintifik untuk Pembelajaran Jarak Jauh Topik Penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19).

Sunaryo. 2004. Psikologi Untuk Pendidikan. Jakarta: EGC.

Yusup, Deni K., Mila B., Dedi S., and Vemy S.A. “Pengaruh Bencana Covid-19, Pembatasan Sosial, Dan Sistem Pemasaran Online Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen Dalam Membeli Produk Retail.


Article Metrics

Abstract view : 164 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh