PENCIPTAAN VIDEO IKLAN PARFUM MINEDOT LA BOHEME MENGGUNAKAN PENDEKATAN TEORI SINEMATOGRAFI

Dyah Ayu Wiwid Sintowoko(1*), Muhammad Arief Fauzi(2), Dony Tri Hanondo(3),

(1) Telkom University
(2) Telkom University
(3) Telkom University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v10i1.38102

Abstract


Penelitian ini mengeksplorasi teknik sinematografi ke dalam penciptaan video iklan La Boheme.  La Boheme merupakan sebuah produk parfum jenis Minedot di Jakarta yang digunakan sebagai objek exsplorasi karya. Dipilihnya objek penelitian ini karena adanya kekhasan dari La Boheme sebagai produk berbasis rempah Indonesia. Selanjutnya, rumusan masalah penelitian ini berfokus pada bagaimana proses penciptaan video iklan La Boheme  dengan pendekatan teknik sinematografi? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan practice based. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi pengambilan gambar, komposisi penyusunan properti dan artistik, penggunaan efek visual non komputer hingga pemilihan kostum pakaian pada video iklan ini menjadi kunci terciptanya mood cues visual. Selain itu, penerapan durasi 50 detik dengan menggunakan aspek rasio Univisium menjadi novelty dalam penciptaan karya video iklan ini. Video ini diproses dengan menambah gradasi warna menjadi lebih kontras agar lebih attractive di mata penonton. Segi teknis hingga konseptual sinematografi pada karya ini tidak terlepas dari proses penerjemahan ide menjadi karya visual, dimana shot yang dipilih merupakan hasil representasi dari deskripsi parfum La Bohème, yaitu simbol maskulinitas laki-laki.

 

Keyword: komposisi visual, mood cues, sinematografi, video Iklan


Keywords


komposisi visual, mood cues, sinematografi, video Iklan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 291 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2023 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh