Makna Pesan Pada Iklan Nike Kolaborasi Colin Kaepernick (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Pada Iklan Nike Kolaborasi Colin Kaepernick)

Kailas Jonathan Leopord(1*), Twin Agus Pramonodjati(2),

(1) Telkom University
(2) Universitas Telkom
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i3.36400

Abstract


Iklan adalah sebuah produk yang dihasilkan oleh perusahaan dalam memberikan informasi terkait produk atau jasa, dimana target iklan ini biasanya ditunjukan kepada target yang telah ditetapkan. Iklan yang diproduksi tersebut tentunya berbuah dalam sebuah pesan yang dituangkan dalam tulisan maupun ilustrasi yang merepresentasikan pesan tersebut. Khalayak yang menjadi sasaran maupun hanya sekedar melihat, ikut memaknai iklan tersebut, sehingga pemaknaan inilah yang bersifat berbeda-beda bagi sebagian orang. Tidak terkecuali iklan Nike versi Colin Kaepernick yang menjadi objek penelitian penulis, iklan ini  mendapatkan respon negatif dan juga positif bersamaan, bahkan di cekal oleh presiden Donald Trump saat itu. Dimana ini menjadi daya tarik tersendiri, bahkan dari penulis. Karena iklan ini menjadi pertama kalinya dalam sejarah kenaikan penjualan hingga 30%. Penelitian dilakukan untuk mengetahui makna pesan apa yang terselubung di dalam iklan ini. Metode penelitian yang dilakukan penuis adalah kualitatif deskriptif pendekatan analisis wacana kritis model Norman Fairclough dengan paradigma kritis. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pesan iklan yang dibalut emosional dan sesuai pada kejadian sosial bermasyarakat, membuat pesan iklan ini dapat diminati dan sampai pada hati masyarakat sasaran. Namun, dibalik pesan ini terdapat maksud terselubung yang tersirat demi keuntungan sebuah brand dalam mecapai sebuah peningkatan penjualan, nama baik, serta brand awereness.


Keywords


Makna, Pesan, Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough

Full Text:

PDF

References


Andriyanto, D. ., & Haryanto, O. . (2010). Analisis Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Brand Awereness untuk Memunculkan Intention to Buy. 9(1), 20-35

Apriyanti, M. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP CITRA MEREK DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MEREK FRESTEA. Universitas Pasundan.

Ardianto, E., & Qomaruzzaman, B. (2007). Filsafat Ilmu Komunikasi (Cetakan Pe). Simbiosa Rekatama Media.

Caesareka, Y. (2020) Komodifikasi Agama Pada Produk Fashion (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough Pada Desain Kaus ’Keepers Of The Deen’). Telkom University.

Cenderamata, R. C., & Darmayanti, N. (2019). Analisis Wacana Kritis Fairclough Pada Pemberitaan Selebriti di Media Daring. Jurnal Literasi, 3, 1-8

Dewi, M.C. (2013). REPRESENTASI PAKAIAN MUSLIMAH DALAM IKLAN (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce pada Iklan Kosmetik Wardah di Tabloid Nova). 06(2), 63–82.

Eriyanto (2011) Analisis Wacana, Pengantar Analisis Teks Media. Bantul, Yogyakarta: Indonesia: LKIS.

Haryatmoko, D. (2016). Critical Discourse Analysis (2nd ed.). PT RajaGrafindo Persada.

Kumparan. (2021). Gary Gilmore, Terpidana Mati yang Menjadi Inspirasi Slogan Nike. Kumparan [Online]. Tersedia: https://kumparan.com/potongan-nostalgia/gary-gilmore-terpidana-mati-yang-menjadi-inspirasi-slogan-nike-1uznXCutcFp/full. [Akses: 1 Juli 2022]

Morissan. (2010). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Prenadamedia Group

News, B. (2020). George Floyd dan kematian warga kulit hitam lain di Amerika Serikat yang memicu gelombang protes besar. BBC News [Online]. Tersedia: https://www.bbc.com/indonesia/dunia-52841327. [Akses: 1 Juli 2022]

Prameswari, K. (2018). Perusahaan Berpolitik: Pembelajaran dari Iklan Dream Crazy-nya Nike - MIX Marcomm. Mix.Com [Online]. Tersedia: https://mix.co.id/headline/perusahaan-berpolitik-pembelajaran-dari-iklan-dream-crazy-nya-nike/. [Akses: 20 November 2021]

Purwasito, A. (2017). Analisis Pesan Message Analysis. The Messenger, 9(1), 103–109.

Rahman, R. A. (2017), ‘Dekonstruksi Makna Cantik Dalam Iklan Produk Kecantikan Pond ’ S White Beauty : Analisis Wacana Kritis’, Humanitatis Journal on Language and Literature, 4(1), pp. 74–85. Available at: https://journal.universitasbumigora.ac.id/index.php/humanitatis/article/view/571/400.

Sobur, A. (2018). Semiotika Komunikasi (7th ed.). PT Remaja Rosdakarya Offset.

Suhandang, K. (2016). Manajemen, Kiat dan Strategi Periklanan (M. Elwa, I. Fibrianti, & I. Kurniawan (eds.); Revisi). Penerbit Nuansa.

Thornhill, T. (2015). how Nike just did it: Brand’s game-changing slogan was inspired by infamous murderer Gary Gilmore’s last words before he was shot dead by firing squad. Mailonline [Online]. Tersedia: https://www.dailymail.co.uk/news/article-3000425/How-Nike-did-Brand-s-game-changing-slogan-inspired-infamous-murderer-s-words-shot-dead-firing-squad.html. [Akses: 1 Juli 2022]

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye (Kedua Edis). Simbiosa Rekatama Media.


Article Metrics

Abstract view : 99 times | PDF view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh