Perancangan Parallax Background pada game MotoX Hill Racing

Vincentius Hartono(1*),

(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i2.34393

Abstract


Background atau latar belakang game merupakan gambar yang terletak pada bagian belakang game dan menjadi latar saat pemain bermain sebuah game, sekaligus untuk membangun atmosfir untuk game. Pada proses pembuatan background game, umumnya layering dibuat untuk mempermudah proses pengerjaan dan revisi apabila diperlukan, dimulai dari layer sketsa, dilanjutkan dengan layer lineart, setelah itu dilanjutkan ke proses pewarnaan dengan setiap layer berfokus pada 1 objek. Namun untuk ilustrasi pembuatan background game, terdapat beberapa perbedaan dalam proses layering , yaitu lebih berfokus pada layer yang digunakan pada game nantinya seperti background, midground, foreground. Selain untuk mempermudah workflow game design, seringkali sebuah game menggunakan asset yang sama berulang kali (recycle asset) untuk mempersingkat waktu pengerjaan yang dapat dipermudah dengan teknik layering yang benar, hasil ilustrasi juga terlihat lebih rapi dan estetik saat di input dalam bentuk game. Parallax Background sendiri merupakan background yang menyambung pada kedua sisi nya sehingga saat di geser secara terus menerus tidak akan terlihat border atau batasan background tersebut, dan biasanya terdiri dari 2 atau lebih layer bergantung kebutuhan yang memiliki kecepatan berbeda untuk menciptakan ilusi jarak.


Keywords


Background; Layering; workflow; recycle asset

Full Text:

PDF

References


Bardi, J. (2019, March 26). What Is Virtual

Reality: Definitions, Devices, and

Examples. Retrieved from Marxentlabs:

https://www.marxentlabs.com/what-is-

virtual-reality/

Editors, H. (2019, June 10). Video Game History.

Retrieved from History.com:

https://www.history.com/topics/inventio

ns/history-of-video-games

Egges, A. (2015). Swift Game Programming for

Absolute Beginners. Apress, Berkeley,

CA.

Fitria, A. (2013, December 6). Permainan

Edukasi sebagai Media Pendidikan.

Retrieved from kompasiana:

https://www.kompasiana.com/anis_fitria/

e6c6ea8347d2c8b4572/permainan-

edukasi-sebagai-media-pendidikan

Hayes, A. (2020, December 2). Augmented

Reality. Retrieved from Investopedia:

https://www.investopedia.com/terms/a/a

ugmented-reality.asp

Janisch, M. (2021, June 9). Parallax Effect –

filmmaking tutorial. Retrieved from

fenchel & janisch: https://www.fenchel-

janisch.com/parallax-effect-filmmaking-

tutorial/

Khasanah, L. U. (2021, Desember 24). Penelitian

Kualitatif : Teknik Analisis Data

Deskriptif. Retrieved from DQLAb:

https://dqlab.id/penelitian-kualitatif-

teknik-analisis-data-deskriptif

Owen, P. (2019, March 9). What Is A Video

Game? A Short Explainer. Retrieved

from The Wrap:

https://www.thewrap.com/what-is-a-

video-game-a-short-explainer/

PubNative. (2020, April 20). From Tetris to

Candy Crush: The History of Mobile

Gaming. Retrieved from PubNative:

https://pubnative.net/blog/from-tetris-to-

candy-crush-the-history-of-mobile-

gaming/

Ryan. (2020, December 15). How to make a

sprite. Retrieved from iD Tech:

https://www.idtech.com/blog/how-to-

make-a-

sprite#:~:text=What%20is%20a%20sprit

e%3F,even%20the%20game%20over%2

screen.

Schell, J. (2020). The Art of game Design. Boca

Raton: CRC Press.

Tyers, B. (2017). In: GameMaker: Studio 100

Programming


Article Metrics

Abstract view : 161 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh