Perancangan Parallax Background pada game MotoX Hill Racing
(1) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i2.34393
Abstract
Background atau latar belakang game merupakan gambar yang terletak pada bagian belakang game dan menjadi latar saat pemain bermain sebuah game, sekaligus untuk membangun atmosfir untuk game. Pada proses pembuatan background game, umumnya layering dibuat untuk mempermudah proses pengerjaan dan revisi apabila diperlukan, dimulai dari layer sketsa, dilanjutkan dengan layer lineart, setelah itu dilanjutkan ke proses pewarnaan dengan setiap layer berfokus pada 1 objek. Namun untuk ilustrasi pembuatan background game, terdapat beberapa perbedaan dalam proses layering , yaitu lebih berfokus pada layer yang digunakan pada game nantinya seperti background, midground, foreground. Selain untuk mempermudah workflow game design, seringkali sebuah game menggunakan asset yang sama berulang kali (recycle asset) untuk mempersingkat waktu pengerjaan yang dapat dipermudah dengan teknik layering yang benar, hasil ilustrasi juga terlihat lebih rapi dan estetik saat di input dalam bentuk game. Parallax Background sendiri merupakan background yang menyambung pada kedua sisi nya sehingga saat di geser secara terus menerus tidak akan terlihat border atau batasan background tersebut, dan biasanya terdiri dari 2 atau lebih layer bergantung kebutuhan yang memiliki kecepatan berbeda untuk menciptakan ilusi jarak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bardi, J. (2019, March 26). What Is Virtual
Reality: Definitions, Devices, and
Examples. Retrieved from Marxentlabs:
https://www.marxentlabs.com/what-is-
virtual-reality/
Editors, H. (2019, June 10). Video Game History.
Retrieved from History.com:
https://www.history.com/topics/inventio
ns/history-of-video-games
Egges, A. (2015). Swift Game Programming for
Absolute Beginners. Apress, Berkeley,
CA.
Fitria, A. (2013, December 6). Permainan
Edukasi sebagai Media Pendidikan.
Retrieved from kompasiana:
https://www.kompasiana.com/anis_fitria/
e6c6ea8347d2c8b4572/permainan-
edukasi-sebagai-media-pendidikan
Hayes, A. (2020, December 2). Augmented
Reality. Retrieved from Investopedia:
https://www.investopedia.com/terms/a/a
ugmented-reality.asp
Janisch, M. (2021, June 9). Parallax Effect –
filmmaking tutorial. Retrieved from
fenchel & janisch: https://www.fenchel-
janisch.com/parallax-effect-filmmaking-
tutorial/
Khasanah, L. U. (2021, Desember 24). Penelitian
Kualitatif : Teknik Analisis Data
Deskriptif. Retrieved from DQLAb:
https://dqlab.id/penelitian-kualitatif-
teknik-analisis-data-deskriptif
Owen, P. (2019, March 9). What Is A Video
Game? A Short Explainer. Retrieved
from The Wrap:
https://www.thewrap.com/what-is-a-
video-game-a-short-explainer/
PubNative. (2020, April 20). From Tetris to
Candy Crush: The History of Mobile
Gaming. Retrieved from PubNative:
https://pubnative.net/blog/from-tetris-to-
candy-crush-the-history-of-mobile-
gaming/
Ryan. (2020, December 15). How to make a
sprite. Retrieved from iD Tech:
https://www.idtech.com/blog/how-to-
make-a-
sprite#:~:text=What%20is%20a%20sprit
e%3F,even%20the%20game%20over%2
screen.
Schell, J. (2020). The Art of game Design. Boca
Raton: CRC Press.
Tyers, B. (2017). In: GameMaker: Studio 100
Programming
Article Metrics
Abstract view : 161 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan
e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com
Jurnal TANRA dilisensikan dengan Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .
Jurnal TANRA diindeks oleh