PERANCANGAN AMBIENT MEDIA: WAHANA KOMUNIKASI VISUAL PROMOSI PENGGUNAAN BASO PELEMBANG JABO

Sumbo Tinarbuko(1*), M. Edo Pratama Putra(2),

(1) Institut Seni Indonesia Yogyakarta
(2) Universitas Indo Global Mandiri Palembang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i1.32851

Abstract


Pergeseran bahasa yang terus terjadi menyebabkan berkurangnya minat generasi milenial terhadap baso Pelembang jabo, sehingga terjadilah krisis identitas yang disebabkan hilangnya kebanggaan menggunakan baso Pelembang jabo. Krisis identitas yang terbentuk menyebabkan tidak adanya generasi penerus yang menjaga eksistensi baso Pelembang jabo sebagai aset kebudayaan, menambah miskomunikasi antar suku di Sumatera Selatan, serta semakin berkurangnya dukungan Pemerintah terhadap baso Pelembang jabo. Proses perancangan ini menggunakan metode design thinking oleh Tim Brown yang memiliki lima tahapan dalam melakukan perancangan desain yaitu empathize, define, ideate, protoype dan test. Pada pengumpulan data perancang melakukan observasi kepada objek penelitian menggunakan metode kualitatif oleh John W. Creswell dalam buku Research Design. Ambient media dipilih sebagai media utama karena memiliki kekuatan yang dapat menarik perhatian target sasaran, menampilkan sesuatu yang baru, dan memiliki keunikan dalam menyampaikan isi pesan sehingga dapat memberikan pengalaman baru bagi target sasaran. Perancangan ini menyumbangkan pemikiran melalui konsep promosi berupa “Seraso Sebaso” yang memiliki makna satu rasa satu bahasa, konsep ini bertujuan untuk kembali memancing minat generasi milenial melalui rasa persatuan dan rasa cinta yang diwujudkan dengan permainan/tantangan pada ambient media. Sedangkan konsep promosi dalam ambient media adalah “Seberapo Palembang kau” memiliki arti “Seberapa Palembang Anda”

Keywords


ambient media; komunikasi visual; promosi; baso Pelembang jabo

Full Text:

PDF

References


Aaker, David A. 1996. Managing Brand Equity Capitalizing on The Value of A Brand Name. New York: The Free Press.

Alizamar, Couto. 2016. Psikologi Persepsi dan Desain Informasi; Sebuah Kajian Psikologi Persepsi dan Prinsip Kognitif untuk Kependidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Berger, Peter. L dan Luckmann, Thomas. 1990. Tafsir Sosial atas Kenyataan. Risalah tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta: LP3ES.

Brown, Tim. 2009. Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation. Harper Collins Publishers.

Buchari, Alma. 2006. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Cangara, Hafied. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Creswell, Jhon W. 2019. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dunggio, P.D dkk. 1983. Struktur Bahasa Melayu Palembang. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Eco, Umberto. 1976. A Theory of Semiotics. Milan: Indiana University Press.

Hussin, Muhamad, R. 1973. “Penegak Pemelihara dan Perjuangan Rakyat Palembang Darussalam”. Stensilan.

Jefkins, Frank. 1985. Advertising. Made Simple Books, London.

Jhon, Little. Karen, Foss. 2019. Teori Komunikasi “Theories of Human Communication”. Jakarta: Salemba Humanika.

Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah.

Lwin May., & Aitchison Jim. 2002. Clueless in Advertising (Rajoe Paul, Trans). Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Malmkjaer, Kristen. 2002. The Linguistics Encyclopedia. Second Edition. London and New York: Routledge.

Munir, Baderel dkk. 2013. Tata Bahasa Baso Palembang. Perpustakaan Nasional RI.

Oktavianny, Linny. 2004. “Bahasa Palembang-Indonesia L-Z”. Naskah Kamus Palembang: Balai Bahasa Palembang.

Oktavianny, Linny. 2005. “Sistem Sapaan Bahasa Palembang” Laporan Penelitian: Balai Bahasa Palembang.

Piliang, Yasraf Amir. 2020. Semiotika dan Hipersemiotika Kode, Gaya dan Matinya Makna. Bandung: Matahari.

Pusat Data dan Statistik Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Statistik Kebahasaan 2019. Jakarta: Kemdikbud RI.

Sachari, Agus. 2018. Sosiologi Desain. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Shimp. Tarence A. 2007. Advertising, Promotion and other Aspects of Integrated Marketing Communication. 7th Edition. Mason: Thomson South Western.

Safanayong, Yongki. 2006. Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta: Arte Itermedia.

Sobur, Alex. 2011. Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Soeparno. 2002. Dasar-Dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: Tiara Wacana Yogya.

Tinarbuko, Sumbo. 2017. Membaca Tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Badan Penerbit ISI.

Varey, Richard J. 2002. Marketing Communication: Principle and Practice. USA: Routledge.

Wheleer, Alina. 2009. Designing Brand Identity: An Essential Guide For The Whole Branding Team. Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.


Article Metrics

Abstract view : 154 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh