PERANCANGAN MEDIA INFORMASI BERBASIS AUGUMENTED REALITY PADA PAPAN NAMA JALAN SULTAN HASANUDDIN

Fikriah Fikriah(1*), Muhammad Saleh Husain(2), Dian Cahyadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v9i1.23057

Abstract


Perancangan ini bertujuan untuk menghasilkan media informasi berbasis Augumented Reality yang dapat memperoleh detail data sejarah/nilai kearifan lokal pada nama-nama jalan, sehingga diharapkan masyarakat khususnya generasi muda dapat melestarikan dan tidak melupakan nilai kearifan lokal yang ada di daerahnya serta dapat menjadi nilai edukatif dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu contoh studi kasus dalam perancangan ini adalah Jalan Sultan Hasanuddin. Perancangan ini discan pada marker yang diletakkan pada papan nama jalan, sehingga menampilkan video animasi tentang kisah sejarah/nilai kearifan lokal yang ada pada papan nama jalan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam perancangan  ini yaitu menggunakan metode pendekatan Design Thingking yang terdiri dari lima tahap, yaitu: Empathise (melakukan riset data, observasi dan wawancara langsung kepada target audiens terkait wawasan akan nama-nama jalan serta minat dan kebutuhan mereka), Define (menetapkan masalah utama dan menganalisis data), Ideate (mengumpulkan ide), Prototype (mengekseskusi ide), dan Test (melakukan uji coba); Instrument yang digunakan adalah Kuesioner  sebagai pengumpulan data awal dan respon target audiens setelah menggunakan prototype untuk melihat feedback target audiens dan sebagai bahan evaluasi untuk pengembangan peneliti selanjutnya. Hasil dari perancangan ini yaitu media informasi berupa video animasi yang diinput pada website Artivive agar dapat digunakan dalam aplikasi Artivive, prototype marker papan nama jalan yang akan di scan, dan merchandise sebagai pendukung untuk mempromosikan media informasi dalam perancangan ini.


Keywords


Media Informasi; Papan Nama Jalan; dan Augumented Reality

Full Text:

PDF

References


Andriyadi. (2011). Augmented reality with ARToolkit. Nulis Buku. Bandar Lampung

Cahyadi, (2020). Konsepsi Simplicable. https://www.youtube.com/watch?v=xUSzq3RFkLE&list=PLF3juXOHd4iFuKi5CAUfAjSLPxlOURBGN.

Hamu, Muh.Alwi. (1985). Riwayat Perjuangan Sultan Hasanuddin. Bhakti Baru : Ujung Pandang

K.Baderan, Jamila & Indrajit, Richardus Eko. (2020). Design Thinking Membangun Generasi Emas dengan Konsep Merdeka Belajar.Yogyakarta : Andi.

Schwab, K. (2016). The fourth industrial revolution: What it means and how to respond. World Economic Forum. di akses tgl. 12 November 2019 https://www.weforum.org/agenda/2016/01/the-fourth-industrialrevolution -what-it-means-and-how-to-respond/

Yuwono, Agus & Indrajit, Richardus Eko. (2020). Pengantar Konsep Dasar Design Tinking What, Why, Where, When, Who, and How.Yogyakarta : Andi.


Article Metrics

Abstract view : 97 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2022 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh