PENGAPLIKASIAN TEKNIK BLOCK PRINTING DENGAN MATERIAL KAYU BEKAS BONGKARAN RUMAH PADA PAKAIAN

Adinda Marissa Irawan S(1*), Mochammad Sigit Ramadhan(2),

(1) Telkom University
(2) Telkom University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v8i2.22681

Abstract


Block printing termasuk kedalam teknik cetak tinggi dalam seni grafis yang dapat digunakan untuk menghias kain. Hasil pengaplikasian teknik ini memiliki keunikan tersendiri pada setiap kainnya karena dilakukan secara manual dengan menggunakan tangan dalam proses pembuatannya. Seiring perkembangan zaman block printing diperkenalkan oleh banyak pihak dengan berbagai macam cara seperti workshop, pameran dan diskusi namun belum dapat dikenal oleh masyarakat luas. Hal tersebut sangat disayangkan karena teknik ini berpotensi untuk berkembang, terlebih material dan alat yang digunakanpun dapat berasal dari sekitar. Pada penelitian ini dilakukan upaya pembaruan pada aspek material plat cetak block printing dengan menggunakan material kayu bekas disamping material kayu baru yang sudah umum digunakan. Kayu bekas dipilih karena memiliki tekstur yang sudah berubah dari asalnya sehingga tekstur pada kayu bekas ini memiliki potensi untuk diolah dan memberikan hasil visual yang berbeda pada kain. Metode pada penilitian ini adalah metode kualitatif dengan mengumpulkan data studi literatur, observasi dan melakukan eksplorasi yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah plat cetak yang terbuat dari pemanfaatan kayu bekas bongkaran rumah, lembaran material tekstil dengan aplikasi motif yang berasal dari hasil cetak serta implementasinya pada produk fashion berupa pakaian.


Keywords


Block Printing, Kayu Bekas, Pakaian

Full Text:

PDF

References


Adi, S. P., Susanti, N., & Panggabean, M. N. R. (2020). Cetak Tinggi dan Pengaplikasiannya. Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press).

Eskak, E., & Sumarno, S. (2016). Peningkatan Nilai Tambah Pada Cacat Batang Kayu Dengan Kreasi Seni. Dinamika Kerajinan Dan Batik: Majalah Ilmiah, 33(2), 133. https://doi.org/10.22322/dkb.v33i2.1649

Ganguly, D., & Amrita. (2013). A brief studies on block printing process in India. Man-Made Textiles in India, 41(6), 197–203.

Kafka, F. J. (1973). Batik, tie dyeing, stenciling, silk screen, block printing: The hand decoration of fabrics (firs edito). Courier Corporation.

Rahman, D. (2017). SENI GRAFIS INDONESIA KEMBALI KE “JALAN MASIF.” 9(2).

Ralli, V., & Salma, I. R. S. (2013). Rupa karsa: eksplorasi kayu limbah dalam seni kajian estetika pada karya edi eskak. Dinamika Kerajinan Dan Batik, 30, 99–108.

Rohani. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653

Safitri, R., & Rachmat, G. (2016). Studi kelayakan kayu bekas landasan peti kemas sebagai elemen interior lepas. ATRAT: Visual Art & Design Journal, 4(3), 243–252. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/view/364/310

Salam, S. (2020). Pengetahuan Dasar Seni Rupa. In Badan Penerbit UNM Universitas Negeri Makassar (1st ed., Vol. 1). Badan Penerbit UNM.

Setyoko, A. (2012). Barang Bekas Sebagai Bahan Berkarya Seni Kriya Di Komunitas Tuk Salatiga: Proses Dan Nilai Estetis. Arty Journal of Visual Arts, 1(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/arty


Article Metrics

Abstract view : 279 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2021 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh