PERANCANGAN VISUAL BRANDING HAMPER DAN GIFT WANDERLAND
(1) Universitas Kristen Petra
(2) Universitas Kristen Petra
(3) Universitas Kristen Petra
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v8i1.19937
Abstract
Bisnis hamper ataupun gift merupakan salah satu jenis bisnis yang sedang trend dengan kebutuhan yang terus meningkat tiap harinya. Hal tersebut kemudian menjadi latar belakang dibentuknya perancangan kali ini, yaitu Wanderland. Wanderland merupakan sebuah bisnis yang bergerak dalam bidang handmade sabun yang berfokus pada pembuatan hamper atau gift box sabun. Wanderland sendiri merupakan binsnis yang masih dalam tahap perancangan sehingga sangat membutuhkan identitas visual yang jelas agar dapat diterima dan dikenali masyarakat dan membedakan diri dengan kompetitor- kompetitor lain yang bergerak pada bisnis yang sama. Tidak hanya sekedar identitas visual, namun Wanderland yang masih dalam tahap perancangan ini juga memerlukan strategi promosi media yang tepat sehingga dapat menarik target audience yang dituju. Sehingga, tujuan dari perancangan kali ini adalah untuk membentuk visual branding Wanderland yang dapat menonjolkan citra dari brand agar Wanderland dapat memiliki image yang baik di masyarakat dan dapat terus berkembang untuk kedepannya. Untuk mencapai tujuan yang diinginkan tersebut, maka diperlukan pengumpulan data dan juga metode penelitian, dimana perancangan kali ini pengumpulan data dilakukan secara kualitatif melalui wawancara, observasi, studi literatur, dan juga dengan melakukan analisis SWOT yang berorientasikan pada faktor internal dan juga eksternal dari brand.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Davina, D., (2020, Mei 20). Hampers jadi Bisnis Silaturahmi Saat Pandemi Corona Melanda. Kompas Bisnis. Retrieved from https://www.kompas.tv/article/82116/hmpers-jadi-bisnis-silaturahmi-saat pandemi-corona- melan
Davis, M., (2009). The Fubdamentals of Branding. Switzerland: AVA Publishing.
Gurel, E., Merba, T. (2017). SWOT Analysis: A Theoretical Review. The Journal of International Social Research, 10(51), 1-13.
Google Trends. (2021, March 23). Gift Box. Retrieved from https://trends.google.co.id/trends/explore?date=t oday%205-y&geo=ID&q=Gift%20Box
Heding, T., Knudtzen, C. F., Bjerre, M., (2009). Brand Management: Research, Theory and Practice. New York: Routledge.
Sarsby, A. (2016). SWOT Analysis.United Kingdom: Spectaris Ltd.
Sert, A. N., (2017). Niche Marketing And Tourism. Journal of Business Management and Economic Research., 1 (1), 14-25.
Truong, P. (2019). Insight And Its Importance In The Transactional Marketing Era [Bachelor's thesis, Centria Univesity of Applied Sciences]. Theseus Dissertations and Theses database.
Woo, A., (2018, June 4). Understanding The Reasearch On Millennial Shopping Behaviors. Forbes. Retrieved from
https://www.forbes.com/sites/forbesagencycoun cil/2018/06/04/understanding-the-research-on- millennial-shopping- behaviors/?sh=413bbb7c5f7a
Yurivito, B., (2019). Jangan Sampai Salah, Ternyata Istilah Parsel dan Hamper Berbeda. Kompas Klasika. Retrieved from https://klasika.kompas.id/baca/perbedaan-parsel-dan-hamper/
Yurivito, B., (2021). Mengenal Tradisi Mengirim Hamper Pada Hari Raya. Kompas Klasika. Retrieved from https://klasika.kompas.id/baca/tradisi-mengirim- hamper-pada-hari-raya/
Article Metrics
Abstract view : 534 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan
e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com
Jurnal TANRA dilisensikan dengan Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .
Jurnal TANRA diindeks oleh