KAJIAN VISUAL DESAIN KARAKTER MASKOT “DIMAS-TI”

Olivine Alifaprilina Supriadi(1*), Andini Setya Arianti(2),

(1) Telkom University
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v8i1.19917

Abstract


Maskot merupakan suatu wujud personifikasi yang dibuat sebagai representasi identitas organisasi atau produk. Perancangan maskot juga dapat diterapkan pada sebuah event, dengan tujuan sebagai media promosi dan agar citra acara lebih mudah diterima oleh audiens. “DIMAS-TI” adalah sebuah acara edukasi tahunan yang menggunakan maskot sebagai salah satu media promosinya. Untuk mengetahui sejauh mana penerapan prinsip desain dalam karakter Dimas dan T.I, akan dilakukan kajian visual dengan metode analisis studi literatur dan penelitian terdahulu. Metode yang dilakukan adalah menggabungkan temuan penelitian sebelumnya terkait perancangan maskot, dengan tahapan berurut dari deskripsi, analisis, interpretasi, dan penilaian. Temuan dari penelitian ini memperlihatkan bahwa perancangan maskot Dimas dan T.I sudah menerapkan prinsip desain maskot yang umum pada tiap unsurnya.

 


Keywords


Masko; desain karakter event; brand

Full Text:

PDF

References


Caufield, Kristopher. (2012). Analyzing the effects of brand mascots on social media: Johnson City Power Board case study. Thesis. East Tennessee State University

Cayla, J. (2013). Brand mascots as organisational totems. Journal of Marketing Management, 29, 104 - 86.

David E. Bennett & Paula Thompson (2016): Use of anthropomorphic brand mascots for student motivation and engagement: a promotional case study with Pablo the penguin at the University of Portsmouth Library, New Review of Academic Librarianship

Hotogi, M., & Hagiwara, M. (2015). Analyses of Local Mascot Characters and Proposal of Automatic Character Creation System Using Affective Words. International Journal of Affective Engineering, 14(4), 299–307

Ito, Sayaka & Yamashita, Toshiyuki. (2014). Applying Rough Set to Analyze Psychological Effect of Mascot Character Design. International Journal of Affective Engineering. 13. 159-165. 10.5057/ijae.13.159.

Mohanty, S. S.. (2014). Growing Importance of Mascot & their Impact on Brand Awareness. A Study of Young Adults in Bhubaneswar City. International Journal of Computational Engineering & Management, 17 (6): 42-44

Morton, J. (1997). A guide to color symbolism (Vol. 28). Colorcom.

Soewardikoen, D. W. (2013). Metodologi Penelitian Visual. Bandung: CV Dinamika Komunika.

Website Resmi DIMAS-TI. (2021). Lihat: https://dimas-ti.id

Yadav, Preeti. (2015). Anthropomorphic Brand Mascot Serve As The Vehicle To Quickly Remind Customers Who You Are And What You Stand For In Indian Cultural Context.


Article Metrics

Abstract view : 1330 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2021 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh