PERANCANGAN ANIMASI SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PAKAIAN DAN RUMAH ADAT SUKU MAKASSAR
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v8i1.19611
Abstract
Pengenalan pakaian dan rumah adat suku Makassar dirasa belum cukup, karena terkadang waktu dan jarak menjadi kendala tersendiri untuk anak dalam mengunjungi objek wisata budaya dan acara- acara yang menampilkan pakaian adat. Observasi serta wawancara yang dilakukan tentang materi pakaian dan rumah adat, didapatkan tidak banyak anak yang mengingat nama dari pakaian adat dan rumah adat tersebut. Oleh karena itu dibutuhkan media informasi alternatif yang dapat membantu dan memudahkan anak dalam mengenal pakaian adat dan rumah adat suku Makassar di Sulawesi Selatan. Perancangan ini bertujuan merancang media pengenalan alternatif berupa video animasi mengenai pakaian dan rumah ada suku Makassar. Pengumpulan data diperoleh melalui studi pustaka, observasi dan wawancara di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sul-Sel dan Museum Balla Lompoa, data dianalisa dengan metode kualitatif dan teknik analisis matriks. Mengangkat konsep desain ‘keceriaan dalam petualangan’ dengan fokus materi ‘ikon’ mengacu pada bentuk pakaian dan rumah adat suku Makassar yang ditampilkan secara sederhana dan ringkas. Visual branding ‘kedekatan anak dengan materi’ dengan konsep materi pendukung cerita petualangan fantasi. Menampilkan gaya ilustrasi kartun dan gaya animasi 2D limited animation dengan warna-warna cerah (fullcolors), huruf bergaya cursive (Cavorting) pada judul dan isi bergaya sans serif (Calibri). Penelitian ini menghasilkan video animasi yang menceritakan petualangan Sarah dan Daeng Aru dalam dunia Eksploria mengenali pakaian adat dan rumah adat suku Makassar, dengan target audiens anak berusia 9-10 tahun dan gemar menonton. Video Animasi berjudul “Eksploria! Petualangan Sarah dan Daeng Aru di Rumah Nenek” berdurasi 8.31 menit.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asy’ari, Mintarti, S., Syarifudin, M., Syafrida, I., Agung, S., Faisal, Valentino, D., Azis, M., Riyadi, Y.N., 2011. Next Step IPS Aktif 4 : Untuk Sekolah Dasar Kelas IV, 2011th ed. Esis, Erlangga, 2011, Jakarta.
Caprisa, N., 2020. PERANCANGAN AUGMENTED REALITY RUMAH ADAT SULAWESI SELATAN (PhD Thesis). Fakultas Seni dan Desain.
Hanadewi, A., Rahardjo, S., Purnomo, A.D., 2020. Perancangan Studio Kreatif Animasi Di Jakarta. EProceedings Art Des. 7.
Kusherdyana, S.D., 2013. Statistik Pariwisata. Bdg. Alf.
Lasapu, P.B., Bramantya, B., Sutanto, R.P., 2015. Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Tentang Pakaian Adat Dalam Bentuk Boneka Tangan Untuk Anak Usia 6-8 Tahun. J. DKV Adiwarna 1, 20.
Lathief, H., 2014. Orang Makassar. Yogyakarta: Padat Daya.
Saing, A.M., 2010. Arsitektur Tradisional Rumah Adat Bugis Makassar. Makassar Indhira Art.
Soenyoto, P., 2017. Animasi 2D. Elex Media Komputindo.
Soewardikoen, D.W., 2019. Metodologi Penelitian: Desain Komunikasi Visual. PT Kanisius.
Sugiyanto, S.S., 2011. GAME EDUKASI RAGAM BUDAYA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BUDAYA TENTANG PAKAIAN DAN RUMAH ADAT DI INDONESIA. Semantik 1.
Tuti, T., 2013. Konsep Warna Baju Bodo. J. Ilmu Komun. 3.
Article Metrics
Abstract view : 724 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan
e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com
Jurnal TANRA dilisensikan dengan Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .
Jurnal TANRA diindeks oleh