PERANCANGAN BRAND IDENTITY KERIPIK WAHYU LUWUK BANGGAI

Fakhrunnisa Djokja(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v8i1.19610

Abstract


Perancangan ini bertujuan menciptakan brand identity sebagai pengembangan usaha keripik Wahyu dan memperkenalkan identitas usaha melalui media komunikasi visual agar menjadi perhatian dan meluasnya lingkup konsumen dari keripik Wahyu. Pengumpulan data dilakukan berkaitan dengan proses perancangan mengenai teori visual, warna, font, layout, logo, graphic standard manual, kemasan dan perancangan media komunikasi visual dan produk keripik Wahyu, observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif dan analisa terhadap kompetitor sejenis sebagai bahan banding dengan menggunakan analisis SWOT untuk mendapatkan positioning dan diferensiasi sebagai pengembangan dari identitas usaha. Konsep dalam perancangan ini menampilkan keripik Wahyu sesuai dengan identitas usahanya yaitu sebuah produk/keripik produksi Luwuk Banggai dengan kesan yang simpel sehingga mudah untuk diingat dan lebih modern, meninggalkan gaya lama dengan pembaharuan yang dapat menjadi perhatian untuk meluasnya lingkup konsumen keripik Wahyu. Hasil perancangan berupa logo yang merupakan penggabungan dari logogram dan logotype yang menjadi satu kesatuan yang dinamis. Logo akan diaplikasikan pada media komunikasi visual. Media utama berupa desain kemasan dan media pendukung lainnya berupa stationary dan media promosi.


Keywords


Brand Identity; Keripik Wahyu; Media Komunikasi Visual

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dewanti, R. (2009). Consumer Perception Analysis Towards Brand Image Hema Dutch Resto. Jakarta Barat: Bina Nusantara University.

Djamal, Z. S. (2014). Analisis Nilai Tambah Keripik Keladi pada Industri Wahyu di Kecamatan Luwuk Selatan Kabupaten Banggai. Skripsi. Palu: Fakultas Pertanian Universitas Tadulako Palu.

Kartajaya, H. (2004). Memenangkan Pesaing dengan Segitiga Positioning-Diferensiasi-Brand. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Ladjamudin. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Priherdityo, Endro.(2016, Desember 15). Oleh-oleh Bisa Jadi Senjata Promosi Indonesia.

Di akses pada 5 Desember 2018, dari CNN Indonesia: https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/

Rustan, S. (2009). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Safanayong, Y. (2006). Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta Barat: Arte Intermedia.

Simamora. (2001). Memenangkan Pasan dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Supriyadi, Fristin, Y., & Ginanjar, I. (2006). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1):137-138.

Wheeler, A. (2009). Designing Brand Identity:A Complete Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.

Wijaya, R. S., & Kartika, J. D. (2015). Logo: Visual Asset Development. Indonesia: Elex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 735 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2021 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh