MENDESAIN LOGO

Abdul Azis Said(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v6i3.13014

Abstract


Desain logo yang dirancang dengan baik akan berpengaruh secara signifikan terhadap khalayak sasaran (target audiens) yang dibidiknya, dimana tampilan visual logo dapat langsung menginformasikan bagaimana bisnis tersebut (baik berupa produk ataupun jasa) dapat memuaskan calon konsumen/klien (Cortiss, Gordon, & Nubie, 2015). Vladimir Gendelman (desainer, founder dan CEO Company Folders, Inc.) menuliskan dalam sebuah artikel bahwa Desain Logo sebuah perusahaan yang paling berhasil tidak hanya menampilkan merek perusahaan itu, namun desain tersebut  juga mempresentasikan pesan/informasi dari perusahaan tersebut. Desainer logo dapat  disejajarkan  seperti  halnya  seorang  ahli  juru  masak  (master  chef)  yang  mampu  meramu/mengolah berbagai bahan makanan dalam suatu komposisi tertentu sehingga menghasilkan jenis makanan yang lezat dan menggiurkan (Gendelman, 2015). Mendesain logo selalu diawali dengan mengetahui/memahami eksistensi, visi, dan misi dari ‘entitas’ yang akan dibuatkan logonya. Selain sebagai acuan untuk mem-visualisasi-kan informasi tentang ‘entitas’ tersebut, juga sekaligus dapat digunakan dalam memilih dan menentukan jenis logo apa yang cocok  untuknya.  Tahapan  selanjutnya,  mengolah  dan  menata  unsur-unsur  visual  menjadi  satu  kesatuan komposisi yang harmonis dan estetis, dengan tetap mempertimbangkan faktor-faktor determinan yang terkait dengan eksistensi ‘entitas’ yang bersangkutan.


Keywords


desain; logo; perusahaan.

Full Text:

PDF

References


Cortiss, D., Gordon, K. T., & Nubie, S. (2015).

Start Your Own Business.

http//enterpreneur.com/article .

Gendelman, V. (2015). Qualities Best Buiness Logos Infographics. https://businesscollective.com/ .

Jayadi, K., & Cahyadi, D. (2015).

Pengetahuan Hak Kekayaan Intelektual.

Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen

Pemasaran. Jakarta: Airlangga.

Murphy, J., & Rowe, M. (1998). How to Design Trademarks and Logos. Ohio: North Light Book.

Said, A. A. (2006). Dasar Desain Dwimatra.

Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Said, A. A. (2015). Desain Logo. Makassar: Fakultas Seni dan Desain UNM Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 2438 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2019 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh