MENDESAIN LOGO
(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v6i3.13014
Abstract
Desain logo yang dirancang dengan baik akan berpengaruh secara signifikan terhadap khalayak sasaran (target audiens) yang dibidiknya, dimana tampilan visual logo dapat langsung menginformasikan bagaimana bisnis tersebut (baik berupa produk ataupun jasa) dapat memuaskan calon konsumen/klien (Cortiss, Gordon, & Nubie, 2015). Vladimir Gendelman (desainer, founder dan CEO Company Folders, Inc.) menuliskan dalam sebuah artikel bahwa Desain Logo sebuah perusahaan yang paling berhasil tidak hanya menampilkan merek perusahaan itu, namun desain tersebut juga mempresentasikan pesan/informasi dari perusahaan tersebut. Desainer logo dapat disejajarkan seperti halnya seorang ahli juru masak (master chef) yang mampu meramu/mengolah berbagai bahan makanan dalam suatu komposisi tertentu sehingga menghasilkan jenis makanan yang lezat dan menggiurkan (Gendelman, 2015). Mendesain logo selalu diawali dengan mengetahui/memahami eksistensi, visi, dan misi dari ‘entitas’ yang akan dibuatkan logonya. Selain sebagai acuan untuk mem-visualisasi-kan informasi tentang ‘entitas’ tersebut, juga sekaligus dapat digunakan dalam memilih dan menentukan jenis logo apa yang cocok untuknya. Tahapan selanjutnya, mengolah dan menata unsur-unsur visual menjadi satu kesatuan komposisi yang harmonis dan estetis, dengan tetap mempertimbangkan faktor-faktor determinan yang terkait dengan eksistensi ‘entitas’ yang bersangkutan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cortiss, D., Gordon, K. T., & Nubie, S. (2015).
Start Your Own Business.
http//enterpreneur.com/article .
Gendelman, V. (2015). Qualities Best Buiness Logos Infographics. https://businesscollective.com/ .
Jayadi, K., & Cahyadi, D. (2015).
Pengetahuan Hak Kekayaan Intelektual.
Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen
Pemasaran. Jakarta: Airlangga.
Murphy, J., & Rowe, M. (1998). How to Design Trademarks and Logos. Ohio: North Light Book.
Said, A. A. (2006). Dasar Desain Dwimatra.
Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.
Said, A. A. (2015). Desain Logo. Makassar: Fakultas Seni dan Desain UNM Makassar.
Article Metrics
Abstract view : 2438 times | PDF view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan
e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com
Jurnal TANRA dilisensikan dengan Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .
Jurnal TANRA diindeks oleh