PENGENALAN CERITA RAKYAT “ASSALENNA CAKKELLEQ RIALA LAMBANG RI SOPPENG”

Nurhikma Rustang(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v7i1.12970

Abstract


Perancangan ini bertujuan membuat anak-anak memahami sejarah Kabupaten Soppeng khususnya cerita tentang Assalenna Cakkelleq riala lambang ri Soppeng sejak dini hingga mereka besar nanti serta menjadi referensi bagi anak-anak dan dapat membuat anak-anak tertarik mempelajari bahasa daerah. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Metode pengembangan yang akan digunakan yaitu model pengembangan 4-D (Four-D Model). Tahapan yang dimaksud yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun, tahap-ahap yang dilakukan hanya 2 yaitu tahap Define dan Design. Data-data penelitian diperoleh dari data pustaka, data dari beberapa narasumber yaitu (1) Penulis cerita, H. Sukarding K., S.Pd., M.Si., (2) Guru SMP, Marlina, S.Pd., (3) Guru MTs DDI Walimpong, Jukriani, S.Pd., dan data dari angket tentang cerita rakyat yang dibagikan kepada siswa-siswi SD dan SMP. Konsep desain dalam cerita rakyat Assalenna Cakkelleq Riala Lambang ri Soppeng yaitu tentang petualangan orang zaman dahulu mencari pemimpin untuk Kabupaten Soppeng yang sedang dilanda kekacauan. Hasil perancangan ini terdiri dari (1) Media utama berupa Komik Assalenna Cakkelleq Riala Lambang ri Soppeng, (2) Media pendukung dalam bentuk merchandise berupa (a) Totebag, (b) T-shirt, (c) X-banner, (d) Stiker, (e) Gantungan Kunci.


Keywords


Sejarah; lambang Soppeng; komik; cerita rakyat

Full Text:

PDF

References


Anafiah, S. (2015). Pemanfaatan Cerita Rakyat Sebagai Bacaan Bagi Anak. Jurnal Pendidikan ke-SD-an, 128-129.

Erine, L. (2017, April 26). Kompasiana.com. A subsidiary of KG Media. Dipetik Mei 13, 2019, dari Kompasiana.com: https://www.kompasiana.com/luciaerine/590008b6f37a61518802008/perbedaan- pola-fikir-masyarakat-kota-dan-desa

Maharsi, I. (2016). Ilustrasi. 2016: Badan Penerbit ISI Yogyakarta

Moh. Eka Lesmana, R. A. (2015). Perancangan Komunikasi Visual Komik Berbasis Cerita Rakyat Timun Mas. E- Proceeding of Art & Design, 115.

Nadlir. (2014). Urgensi Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 300.

Said, A. A. (2006). Dasar Desain Dwimatra. Makassar: Badan Penerbit UNM Makassar.

Sambada, H. B. (2016). Pengembangan Komik Digital Berbasis Nilai Karakter Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Akuntansi Persediaan Di Kelas XI Akuntansi. 55.

Sukarding. (2018). Muatan Lokal Bahasa Daerah Bugis untuk SMP/MTs Kelas VIII Ada Pappaseng. Soppeng.


Article Metrics

Abstract view : 1531 times | PDF view : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2020 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh