PERANCANGAN AUGMENTED REALITY RUMAH ADAT SULAWESI SELATAN

Nira Caprisa(1*), Irfan Irfan(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v7i1.12969

Abstract


Perancangan ini bertujuan menciptakan sebuah media edukasi 3D dalam bentuk aplikasi Augmented Reality yang dapat menarik minat anak untuk mempelajari tentang rumah adat di Sulawesi Selatan. Kumpulan data dalam perancangan diperoleh melalui observasi, studi pustaka, wawancara/survey pada anak, dan wawancara kepada dinas kebudayaan. Konsep desain dalam perancangan  augmented  reality rumah  adat Sulawesi Selatan  adalah  konsep  ceria  dengan komposisi desain, layout, dan warna yang sesuai dengan target audiens. Hasil perancangan ini adalah aplikasi augmented reality rumah adat Sulawesi Selatan beserta marker rumah adat tersebut pada buku pendamping. Perancangan ini juga berfungsi sebagai media edukasi atau pembelajaran bagi guru terhadap anak didik maupun orang tua terhadap anak.


Keywords


Rumah Adat, Aplikas; Augmented Reality; Edukasi 3D

Full Text:

PDF

References


Boud, A. C. (1999). Virtual reality and augmented reality as a training tool for assembly tasks.

Data, D. M., T, L. T., Yuniar, H., Mappasere, & Rusdy, R. (1985). Arsitektur Tradisional Daerah Sulawesi Selatan. Makassar: Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional Ujung Pandang.

Janottama, I. P., & Putraka, A. N. (2017). Gaya dan Teknik Perancangan Ilustrasi Tokoh pada Cerita Rakyat Bali. SEGARA WIDYA Jurnal Hasil Penelitian, 28.

Koentjaraningrat. (1983). Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: PT Gramedia.

Kusrini, M., & Koniyo, A. (2007). Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic

dan Microsoft SQL Server . Andi

Publisher.

Ladjamuddin, A.-B. b. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Milgram. (1994). Augmented Reality: A Class of Displays on the Reality-Virtuality Continuum.

Nehan. (2018, july 18). Rumah Adat Bugis Di Berbagai Daerah . Retrieved from nehanesia: https://nehanesia.com/rumah- adat-bugis/

Pakerti, B. A. (2017). 3. Pengembangan Aplikasi Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Smp Negeri 2 Banyumas Pada Mata Pelajaran Ipa Tata Surya .

Pengertian Kebudayaan. (2012, oktober

. Retrieved from Budaya Indonesia - Bhineka tunggal ika: https://www.e- jurnal.com/2013/10/pengertian- kebudayaan.html Budaya Indonesia - Bhinekka Tunggal Ika | Indonesia Investments www.indonesia- investments.com

Prabowo, R., Listyorini, T., & Jazuli, A. (2015). Pengenalan Rumah Adat Indonesia Berbasis Augmented Reality dengan memanfaatkan KTP sebagai Marker. Prosiding SNATIF.

Sachari, A. (2005). Pengantar Metodologi Penelitian Budaya Rupa: Desain, Arsitektur, Seni Rupa dan Kriya. Jakarta: Erlangga.

Sadiman, A. S. (1984). Media Pendidikan Pengembangan dan Manfaat. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Safanayong, Y. (2006). Desain Komunikasi Visual Terpadu. Jakarta Barat: Arte Intermedia.

Said, A. A. (2004). Toraja: Simbolisme Unsur Visual Rumah Tradisional. Yogyakarta: Ombak.

Said, A. A. (2006). Dasar Desain Dwimatra. Makassar: Penerbit UNM Makassar.

Saing, A. (2010). Arsitektur Tradisional Rumah Adat Bugis Makassar. Makassar: Indhira Art.

Satrioadi, R. B. (2014). Pengenalan Budaya Papua dengan Augmented Reality Berbasis Android.

Sudjana N, A. R. (1992). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Wulansari, N. M. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya. Jakarta Selatan: PT Visimedia Pustaka.


Article Metrics

Abstract view : 602 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
';



Copyright (c) 2020 TANRA: Jurnal Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Alamat Redaksi / Tata Usaha:
Program Studi Desain Komunikasi
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar
Telp. (0411) 888524 Faks. (0411) 888524
Kampus Fakultas Seni dan Desain
Jl. Daeng Tata, Parang Tambung,
Makassar, Sulawesi Selatan

e-mail: jurnaldeskomvisunm@gmail.com

Lisensi Creative Commons
Jurnal TANRA  dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Atribusi-Nonkomersial 4.0 Creative Commons .

Jurnal TANRA diindeks oleh