STRUKTUR PERANTI MENTAL (ID, EGO, SUPER EGO) PESANTREN DALAM INTIMASI DENGAN LAWAN JENIS

herlambang andi aji(1*),

(1) Psikologi Pendidikan Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v5i1.9773

Abstract


Masa remaja adalah masa dimana ada relasi yang kuat terhadap lawan jenis istilah ini sering disebut sebagai hubungan intimasi. Intimasi di dalam struktur peranti mental merupakan suatu kebutuhan yang menuntut untuk dipenuhi. Masa dewasa mahasiswa dan mahasiswi yang berada di lingkungan pesantren khususnya  secara tidak langsung harus menjaga nama baik mereka di mata civil society  sebagai lulusan pesantren terutama di dalam hubungan mereka terhadap lawan jenis. Kebutuhan intim merupakan naluri alamiah remaja namun disisi lain kebutuhan tersebut juga akan berakibat fatal apabila mereka yang dari lulusan universitas pesantren salah dalam mengimplementasikannya. Atas dasari ini peneliti ingin lebih mendalami dinamika struktur peranti mental dalam konteks hubungan intimasi terutama pada mahasiswa-mahasiswi universitas berbasis pesantren. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dalam menentukan subjek penelitian. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan empat subjek. Secara umum proses yang dialami sebagian besar subjek penelitian dalam mengatasi dorongan yang dirasakannya, yaitu dengan cara ego menggunakan mekanisme pertahanan diri dalam bentuk kompensasi, sebuah mekanisme bahwa seseorang lebih memilih mengejar suatu tujuan, dengan usaha yang lebih giat ke dalam usahanya itu untuk mengatasi rasa kekurangan yang sebenarnya. Singkat kata mereka lebih memilih untuk memantaskan diri mereka.


Keywords


Id;Ego; Super ego; intimasi; pesantren

Full Text:

PDF

References


Alwisol. psikologi Kepribadian. Malang: UMM Press, 2007.

Boeree. Personality Theories. Terj. Inyiak Ridwan Muzir. Yogyakarta: Prismasophie, 2005.

Dariyo, A. Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia, 2003.

Hall, C. S. dan Lindzey, G. Dalam A. Supratiknya (Ed) Teori-teori Holistik (Organismik-Fenomenologis). Yogyakarta: kanisius, 1993.

Hurlock. Psikologi Perkembangan. 5 ed. Jakarta: Erlangga, 2004.

Jeffrey S. Turner. Lifespan Development. Harcourt Brace College Publishers, 1995. http://archive.org/details/lifespandevelopm00turn_0.

Jhon W. Creswell. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4 ed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.

Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. Psikologi perkembangan (pengantar dalam berbagai bagiannya). Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1996.

Papalia, D.E, Olds, S.W., & Feldman, R.D. Human Development. 9 ed. New York: McGraw Hill, 2004.

———. “Human Development,” t.t.

Septian Eko. “DINAMIKA ID, EGO, SUPEREGO DALAM KONTEKS KEBUTUHAN INTIMASI (Studi Pada Dewasa Muda Aktivis Dakwah Kampus)” 5 (2017).

Sigmund Freud. Pengantar umum psikoanalisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Yudistriana, Kiki, A. M. Heru Basuki, dan Intaglia Harsanti3. “INTIMASI PADA PRIA DEWASA AWAL YANG BERPACARAN JARAK JAUH BEDA KOTA.” Jurnal Ilmiah Psikologi 3, no. 2 (26 Februari 2011).


Article Metrics

Abstract view : 228 times | PDF view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 herlambang andi aji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published By:

Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar

Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,

Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.

Email: jurnal.talenta@unm.ac.id

p-ISSN : 2460-8750

e-ISSN : 2615-1731

View My Stats