Pengaruh Kesepian Terhadap Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa
(1) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Psikologi, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/talenta.v8i2.45162
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azzahra Khaira, A. (2018). Hubungan Antara Kesepian Dengan Pengungkapan Diri Melalui Media Sosial Pada Remaja. (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.
Griffiths, M. (2000). Does Internet and computer “addiction” exist? Some case study evidence. Cyberpsychology and Behavior, 3(2), 211–218. https://doi.org/10.1089/109493100316067
Habibie, A., Syakarofath, N. A., & Anwar, Z. (2019). Peran Religiusitas terhadap Quarter-Life Crisis ( QLC ) pada Mahasiswa. Journal Of Psychology. 5(2), 129–138. https://doi.org/10.22146/gamajop.48948
Hapsari, A. (2015). Hubungan Antara Kesepian dan Kecenderungan Kecanduan Internet Pada Remaja. (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Airlangga.
Hawkley, L. C., & Cacioppo, J. T. (2010). Loneliness matters: A theoretical and empirical review of consequences and mechanisms. Annals of Behavioral Medicine, 40(2), 218–227. https://doi.org/10.1007/s12160-010-9210-8
Irawan, A. W., Yusufianto, A., Agustina, D., & Dean, R. (2020). LAPORAN SURVEI INTERNET APJII 2019-2020 (Q2). Jakarta: APJII
Irham, S. S., Fakhri, N., & Ridfah, A. (2022). Hubungan Antara Kesepian Dan Nomophobia Pada Mahasiswa Perantau Universitas Negeri Makassar. J-CEKI: Jurnal Cendekia Ilmiah, 1(4), 318-332.
Jong Gierveld, J. de, Tilburg, T. Van, & Dykstra, P. A. (2006). Loneliness and Social Isolation. In The Cambride Handbook of Personal Relationship (pp. 485–500). England: Cambridge University Press.
Kasim, M.I., Murdiana, S., & Fakhri, N. (2018). Pengaruh Stres Akademik Dan Kecanduan Internet Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Di Kota Makassar. Proceedings of Psychology" Cyber Effect: Internet Influence on Human Life"
Lake, T. (1980). LONELINESS: Why It Happens and How to Overcome It. Inggris: Sheldon Press.
Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., & Peter, J. (2009). Development and validation of a game addiction scale for adolescents. Media Psychology, 12(1), 77–95. https://doi.org/10.1080/15213260802669458
Lukman. (2020). Pengaruh Kontrol Diri Terhadap Kecanduan Game Online Pada Pemain Pubg. (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.
Masruroh, A. N. A. (2021). Pemain Mobile Game di Indonesia Capai 60,5% dari Pengguna Mobile Internet. Kumparan. https://kumparan.com/beritaanaksurabaya/pemain-mobile-game-diindonesia-capai-60-5-dari-pengguna-mobile-internet-1wSTNZVFelo/full, diakses 27 Maret 2022.
Pahlevi, R. (2022). Pengeluaran Konsumen untuk Game Ponsel. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/19/pengeluaran-konsumen-untuk-game-ponsel-meningkat-154-pada-2021, diakses 23 Maret 2022.
Parsons, J. M. (2005). An examination of massively multiplayer online role-playing games as a facilitator of internet addiction. (Thesis). College Of Education University of Iowa.
Peplau, L. A. (1988). Loneliness; new direction in research. In Participate in the challenge of Mental Health and Psychiatric Nursing in 1988 (pp. 127–142). Psychiatric Nursing Conference.
Peplau, L. A., & Perlman, D. (1979). BLUEPRINT FOR A SOCIAL PSYCHOLOGICAL THEORY OF LONELINESS, In Love an Attraction. England: Oxford University.
Prabowo, O. (2012). Penerimaan Teman Sebaya, Kesepian, dan Kecanduan Bermain Gim Daring pada Remaja di Jakarta. MIMBAR, XXVIII(1), 9–18.
Rokom. (2018). Bermain Game Online: Mengisi Waktu Luang, Bersenang-senang atauKetergantungan.Kemkes.Go.Id.ffhttps://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilismedia/20180706/4726551/bermain-game-online-mengisi-waktu-luang-bersenang-senang-ketergantungan/, diakses 23 Maret 2022.
Rosalinda, I., & Michael, T. (2019). Pengaruh Harga Diri Terhadap Preferensi Pemilihan Pasangan Hidup Pada Wanita Dewasa Awal Yang Mengalami Quarter-Life Crisis. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi,8(1), 20–26. https://doi.org/10.21009/jppp.081.03
Santrock, J. W. (2010). Life-span development: Thirteenth Edition. America: McGraw-Hill.
Sari, G. A. P., & Hasanah, U. (2020). Hubungan antara Loneliness dan Kecanduan Game Online pada Mahasiswa IAIT Kediri. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(1), 1–15. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1107
Seay, A. F., & Kraut, R. E. (2007). Project Massive: Self-Regulation and Problematic Use of Online Gaming. Journal Proceedings, 3, 1–10.
Setiawan, R. (2012). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Bermain Game Facebook Pada Remaja. (Skripsi). Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.
Smart, A. (2010). Cara Cerdas Mengatasi Anak Kecanduan Gamw (1st ed.). Jogjakarta: A+Plus Books.
Sungkono, J. (2013). Resampling Bootstrap Pada R. Magistra, 84, 47–54.
Tokunaga, R. S., & Rains, S. A. (2010). An Evaluation of Two Characterizations of the Relationships Between Problematic Internet Use, Time Spent Using the Internet, and Psychosocial Problems. Human Communication Research, 36(4), 512–545. https://doi.org/10.1111/j.1468-2958.2010.01386.x
Weinstein, A. M. (2010). Computer and video game addiction-A comparison between game users and non-game users. American Journal of Drug and Alcohol Abuse, 36(5), 268–276. https://doi.org/10.3109/00952990.2010.491879
Yee, N. (2002). Understanding MMORPG Addiction. Ariadne, 1–16. www.nickyee.comhttp://www.nickyee.com/hub/addiction/home.html
Article Metrics
Abstract view : 913 times | PDF view : 291 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Angga Maulana Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
PUBLISHED BY:
Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar
Gedung BM Lantai 2 Kampus Gunungsari Baru,
Jalan A.P. Pettarani, Makassar 90222.
Email: jurnal.talenta@unm.ac.id
p-ISSN : 2460-8750
e-ISSN : 2615-1731